Connect with us

Inilah Alternatif Pengganti Kafein

Kesehatan

Inilah Alternatif Pengganti Kafein

rancahpost.co.id – Di dunia ini kebanyakan orang suka  minum kopi. Alasannya adalah karena percaya untuk membuat tubuh lebih segar ketika lelah dan lesu. Padahal faktanya kafein dalam kopi membahayakan kesehatan dan ada banyak alternatif lain yang lebih sehat dari kafein.

Sebagaimana dilansir dari She Knows, kafein memang memberi dampak buruk bagi orang-orang tertentu. Beberapa efek jangka pendek yang mereka derita setelah mengonsumsi kafein adalah:

Detak jantung menjadi lebih cepat.
Sakit kepala.
Mual.
Sering buang air kecil.
Dehidrasi.
Meningkatkan tekanan darah.
Cemas dan tidak tenang.
Sulit tidur.
Payudara lemas.

Selain itu, ada pula dampak jangka panjang dari konsumsi kafein. Misalnya depresi, insomnia, serangan panik, masalah perut, detak jantung tidak stabil, hingga kerusakan memori jangka panjang.

Hal yang perlu diingat adalah kafein bukan cuma ditemukan dalam kopi. Soda dan teh juga sama, meskipun kandungannya tidak setinggi kopi.

Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang sudah disebutkan di atas, secara pelan-pelan cobalah untuk menghentikan konsumsi kafein. Anda juga bisa mencoba alternatif yang lebih sehat, misalnya jika ingin menambah energi, dengan cara berikut ini.

Ginseng
Herba yang mendongkrak stamina dan menambah energi. Ginseng juga berkhasiat menurunkan kadar stres, mengontrol berat badan, sampai meredakan nyeri datang bulan.

Vitamin B12
Jika tubuh kekurangan vitamin B12, biasanya seseorang juga mudah lelah. Jadi pastikan asupan vitamin B12 sudah terpenuhi melalui konsumsi suplemen atau makanan seperti daging, telur, susu, dan keju.

Olahraga
Mulai kebiasaan joging setiap pagi jika Anda termasuk pecandu kafein. Dengan berolahraga, hormon endorfin akan meningkat dan membuat Anda menjadi lebih waspada secara fisik maupun mental. Energi pun tetap terjaga tanpa bantuan dari konsumsi kafein.

Apakah Anda juga termasuk orang-orang yang menderita dampak negatif dari kafein? Jika iya, segera ubah konsumsi kafein menjadi ketiga alternatif yang lebih menyehatkan tersebut.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top