Perdana Tayang, Tiket Comic 8 Sold Out
Previous
RANDOM
Kapolri Isyaratkan Anak Buahnya Waspada Amankan Imlek 2014
Next
Lifestyle

Goa Belanda, Tempat Wisata Sejarah Penjajahan Belanda

by Irpan HoerudinJanuary 30, 2014

rancahpost.co.id – Goa Belanda terletak didalam Taman Hutan Ir. Juanda, Bandung. Di taman tersebut terdapat dua buah gua bersejarah. Dua buah gua yang hanya terpisahkan jarak kurang lebih 400 meter tersebut memiliki nama yang disesuaikan dengan negara penjajah yang berkuasa saat gua tersebut di bangun.

Gua Belanda yang dibangun pada tahun 1918 memiliki umur yang sedikit lebih tua dibandingkan Gua Jepang yang baru dibangun pada tahun 1942. Di Goa Belanda terdapat sekitar 15 lorong dan beberapa ruangan seperti Ruang Kamar untuk tempat istirahat / tidur para Tentara Belanda, Ruang Interogasi untuk para tahanan, Penjara atau Ruang Tahanan.

Terlihat di atap gua seperti bekas ada penerangan lampu dan terdapat pula seperti bekas rel roli semacam untuk pengangkutan barang atau sejenisnya.

Juga dinding – dindingnya terlihat sudah pakai semen sepertinya Goa Belanda ini telah mengalami renovasi.

Di dalam Gua Belanda masih bisa ditemui lokasi penempatan radio pemancar kuno. Pada salah satu lorong gua juga terdapat rel kereta/lori yang berada di lantai gua.

Konon gua ini dulunya digunakan sebagai markas militer, penjara, tempat penyimpanan senjata dan juga tempat pembangkit listrik tenaga air. Sebuah relung gua kecil tak jauh dari gua utama dan terletak sedikit diatasnya, dulunya digunakan sebagai tempat pos jaga.

Leave a Response


9 − = eight

Fonts by Google Fonts.