Connect with us

5 Langkah Jitu Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

5 Langkah Jitu Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Tips n Trik

5 Langkah Jitu Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

RANCAH POST – Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Begitulah kiranya kutipan dari mantan Presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno. Siapa kiranya yang tak ingin menjadi orang terkaya di dunia menyaingi Bill Gates dan banyak lagi deretan orang-orang paling kaya di dunia? Bermimpilah, sebab dengan mimpi tersebut Anda akan terus termotivasi agar meraih kesuksesan.

Bermimpi menjadi orang kaya tak akan memberikanmu apa-apa kecuali Anda berusaha untuk mewujudkannya. Salah satu bentuk usaha mewujudkannya adalah dengan membuka peluang-peluang usaha yang ada di depan mata. Di era digital yang serba mengandalkan koneksi internet, peluang usaha yang mulai banyak digandrungi orang-orang adalah bisnis berbasis internet atau sering juga disebut sebagai bisnis online. Peluang usaha dari bisnis online ini pun terbilang sangat mudah untuk dijalani, minim resiko dan memiliki prospek yang cukup cerah bagi masa depan.

Peluang ini bisa kamu jajal demi meraih kesuksesan untuk mewujudkan mimpimu. Meski peluang bisnis ini menawarkan segala kemudahan, bukan berarti Anda harus menjalaninya tanpa perhitungan yang matang. Sebab dalam menggeluti setiap peluang bisnis, ada beberapa trik yang harus kamu ketahui agar dapat maksimal menjalaninya. Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk terjun ke bisnis online ini? Simak tips-tips berikut ini!

Laptop & Internet sebagai Senjata Utama
Berbeda halnya dengan melakoni bisnis offline yang serba mengandalkan modal yang cukup besar, dalam bisnis online kamu hanya perlu mengeluarkan modal utama berupa laptop atau komputer dan koneksi internet. Jika laptop atau komputer masih dirasa kurang fleksibel untuk melakukan kegiatan penjualan Anda selalu dapat beralih ke alternatif smartphone yang memiliki koneksi internet.

BACA JUGA  Asyik, Fitur Live Streaming Facebook Kini Bisa Dipakai di PC dan Laptop

Manfaatkan Platform Jualan Gratisan
Setelah memiliki senjata utama untuk melakukan bisnis online, tentu Anda juga harus memiliki lapak tersendiri untuk menjual produk yang ingin dijual. Sebelum Anda memiliki audience tetap, Anda harus melakukan riset penjualan dengan mencoba menjual produk di beberapa platform jual beli, media sosial bahkan blog gratisan.

Jika dengan menggunakan platform-platform tersebut respon audience-mu masih kurang, Anda bisa mencoba berjualan di online marketplace yang sudah memiliki traffic yang baik sehingga konsumen yang akan dengan sendirinya datang kepadamu.

Aturan Main Bisnis Online
Seperti bisnis offline kebanyakan, bisnis online pun memiliki aturan main tersendiri. Agar sukses dalam berbisnis online, Anda pertama-tama harus konsisten dalam menjalankan bisnis online. Mulailah mengunggah foto produk yang akan dijual beserta deskripsinya secara lengkap untuk meminimalisir pertanyaan yang datang dari calon konsumenmu. Tidak asal unggah, agar engagement bisnismu dengan audience lebih besar, perhatikan jam-jam ramai platform yang kamu pakai berjualan. Baca juga: 5 Usaha Rumahan Kreatif Minim Modal Yang bisa Dilakukan Mahasiswa

Untuk media sosial saja misalnya, Twitter, Instagram maupun Facebook memiliki rush hour-nya tersendiri. Jangan sekali-kali memosting foto di saat kondisi timeline sepi karena percuma tidak akan ada yang melihat apa yang kamu posting.

BACA JUGA  Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional 2017 dengan Slide Menarik

Kemudian usahakan untuk mengunggah foto karya sendiri, jangan mengambil foto hasil unggahan orang lain. Foto yang diunggah haruslah orisinil dan berkualitas tinggi. Tidak hanya berjualan, engagement-mu dengan audience akan tercapai jika mereka mengetahui identitas pemilik bisnis online dengan jelas, maka cantumkanlah identitas yang jelas seperti alamat, data kontak dan lainnya. Selain itu, Anda juga harus memberikan tata cara pemesanan agar tak terjadi salah paham dengan calon konsumen. Hal ini juga untuk meminimalisir pertanyaan yang muncul dari konsumen seperti ‘kalau mau order bagaimana ya kak?’ jika pertanyaan tersebut muncul dari satu dua orang mungkin masih bisa ditangani, bagaimana jika dalam sehari ada lebih dari 10 orang yang mempertanyakan hal yang sama? Jangan mempersulit dirimu sendiri dalam berjualan online.

Promosi Melalui Penawaran Diskon
Sebagai pendatang baru di ranah bisnis online tentunya, jangan sungkan untuk memberikan harga promo atau diskon bagi calon pelangganmu. Sebab dengan cara ini, pelanggan akan terus setia membeli produk dari toko onlinemu di masa mendatang.

Buat Laporan Keuangan
Untuk mengetahui keuntungan yang kamu hasilkan dari berbisnis online, kamu perlu mencatat berapa uang yang keluar dan masuk di bisnismu. Sebab banyak pebisnis online gagal lantaran tak membuat laporan keuangan yang jelas, alhasil mereka tak akan dapat merasakan keuntungan yang di dapatkan.

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips n Trik

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top