Connect with us

Liburan Heboh ke Malaysia dan Singapura dengan Low Cost Airlines

Liburan Heboh ke Malaysia dan Singapura dengan Low Cost Airlines

Travel

Liburan Heboh ke Malaysia dan Singapura dengan Low Cost Airlines

RANCAH POST – Malaysia dan Singapura telah menjadi destinasi yang paling sering dikunjungi oleh rakyat Indonesia. Tujuannya pun berbeda-beda, ada yang untuk berkuliah, mengunjungi kerabat, berlibur, maupun berbisnis.

Salah satu aspek yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah masalah penerbangan. Ada dua jenis model penerbangan yang dikenal luas yakni Low Cost Airlines (penerbangan bertarif murah) dan full service Airlines (penerbangan dengan layanan penuh).

Terbang kemanapun, kita selalu menginginkan hal yang terbaik. Mulai dari harga terbaik, fasilitas terbaik, pelayanan terbaik, hingga keamanan terbaik. Meskipun bertarif murah, bukan berarti Low Cost Airlines mengorbankan aspek keselamatan.

Untuk mendapatkan tarif murah, beberapa perbedaan dilakukan seperti jarak antar kursi yang lebih rapat sehingga bisa menampung lebih banyak penumpang, utilisasi atau pemakaian dalam satu hari cenderung lebih tinggi sehingga bisa memangkas biaya dan meningkatkan efisiensi. Lalu rute yang dilayani juga hanya berjarak pendek dan menengah.

Pesawat yang digunakan hanya pesawat berbadan sempit sehingga bisa mendarat di bandara-bandara kecil dan biaya perawatannya juga lebih murah. Juga tidak akan ditemui monitor entertainment di dalam pesawat dan juga tidak disediakan makanan maupun minuman gratis. Nah berikut ada beberapa maskapai penerbangan murah yang memiliki rute dari dan ke Indonesia.

1. AirAsia
Air Asia merupakan salah satu maskapai low-cost carrier paling populer di kawasan Asia. Maskapai berbendera Malaysia ini juga aktif menjadi sponsor utama beberapa tim sepakbola sehingga dikenal banyak orang. Air Asia mulai berdiri tahun 1993 dan memiliki beberapa anak perusahaan seperti AirAsia X, Thai AirAsia, Indonesia AirAsia, India AirAsia, AirAsia Zest, AirAsia Japan, dan Philippines AirAsia. Hingga kini ada 188 armada jenis Airbus A320-200 yang dioperasikan. Armada ini digunakan untuk melayani 67 rute penerbangan termasuk 17 rute Indonesia.

2. Firefly
Firefly merupakan 1 dari 2 anak perusahaan yang dimiliki oleh maskapai Malaysia Airlines. Maskapai ini mulai aktif beroperasi tahun 2007 dengan destinasi utama yang dilayani mencakup domestik dan 3 negara Asia Tenggara (Indonesia, Singapura dan Thailand) dengan total sekitar 18 rute penerbangan. Hingga kini Firefly mengoperasikan 19 pesawat yang kesemuanya merupakan pesawat regional yakni ATR 72 yang menggunakan mesin turboprop (baling-baling). Rute Indonesia yang dilayani meliputi Banda Aceh, Medan, dan Pekanbaru.

3. Tiger Airways
Tiger Airways merupakan maskapai berbendera Singapura dan merupakan anak perusahaan dari Singapore Airlines. Maskapai ini resmi beroperasi tahun 2004 namun baru dibeli Singapore Airlines tahun 2014. Saat ini tiger airways sudah dapat dibeli tiketnya melalui Traveloka. Hingga kini Tiger airways telah mengoperasikan 25 pesawat yang kesemuanya merupakan pesawat berbadan sempit yakni Airbus A319/320. Destinasi yang dilayani hingga 38 destinasi di 9 negara. Ada 3 rute Indonesia yang dilayani yakni Denpasar, Jakarta, dan Surabaya. Maskapai ini telah memperoleh beberapa penghargaan seperti penghargaan sebagai maskapai dengan pertumbuhan penumpang terbaik di Singapura oleh Changi Airline Awards di tahun 2012 dan 2014. Lalu terpilih sebagai 5 besar maskapai dengan penumpang terbanyak di tahun 2014 dan 3 besar terbanyak di tahun 2013 juga oleh Changi Airline Awards. Selain itu, juga ada penghargaan-penghargaan lainnya seperti dari Centre for Aviation (CAPA).

4. Jetstar Asia
Satu lagi maskapai dari Singapura yakni Jetstar Asia. Jetstar Asia Airways adalah low-cost airlines yang juga merupakan anak perusahaan dari Qantas, maskapai terbesar di Australia. Jetstar mulai beroperasi tahun 2004 dengan menggunakan 18 unit pesawat berbadan sempit untuk jarak penerbangan menengah yakni Airbus A320-200. Hingga kini Jetstar telah melayani penerbangan dari Singapura ke 25 kota yang tersebar di 13 negara. Untuk Indonesia sendiri, sudah ada 4 rute yang dilayani yang dapat digunakan untuk berpergian ataupun wisata yakni Denpasar, Jakarta, Medan, dan Surabaya. Ke depannya akan dibuka 2 rute penerbangan lagi yakni Pekanbaru dan Palembang.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top