Connect with us

Cara Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet

Cara Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet

Tips n Trik

Cara Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet

RANCAH POSTCara merawat smartphone Android agar tetap awet. Apakah Anda sudah merawat smartphone dengan baik? Setidaknya Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan debu maupun kotoran yang menempel pada layar dan bodi ponsel. Hal ini penting dilakukan agar ponsel Android tetap bagus. Namun, Anda juga perlu mengetahui tata cara merawat ponsel dengan baik sehingga tidak salah penempatan.

Meskipun ponsel sering dianggap remeh lantaran hanya berbentuk benda mati dan akan menyala bila tersematkan baterai. Tetapi smartphone termasuk jenis ponsel yang memiliki beragam fitur dengan layar sentuhnya untuk mengoperasikan aplikasi Android. Selain itu, sistem operasi pada smartphone dituntut untuk bekerja secara ekstra. Karena itulah kami berikan tips merawat ponsel Android agar tetap awet.

Cara Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet

1. Bersihkan sektor layar smartphone
Sektor layar pada smartphone sangatlah penting. Dengan memberikan pelindung layar berupa screen guard akan menjaga layar dari berbagai macam goresan, minyak dan air. Sebaiknya Anda tidak menekan jari seketika menyentuh layar karena sentuhan kasar membuat layar ponsel tidak awet. Kemudian, hindari meletakkan ponsel dari medan magnet seperti radio, televisi, dan laptop. Jangan sekali-kali menyimpan smartphone pada kantung celana yang ketat karena bisa rusak. Terakhir, bersihkan layar ponsel menggunakan tisu halus.

BACA JUGA  Super Mario Run Siap Mendarat di Android 23 Maret Mendatang

2. Berikan pelindung bodi smartphone
Ada baiknya jika menggunakan pelindung atau softcase pada smartphone agar terhindar dari benturan, percikan, debu, dan air. Setidaknya bersihkan bodi ponsel secara berkala menggunakan tisu atau kain halus, sehingga smartphone terlihat lebih apik. Diusahakan jangan meletakkan smartphone dekat dengan air lantaran memicu rusaknya ponsel itu sendiri. Maka harus diletakkan di tempat yang aman tidak diperbolehkan di kawasan yang memiliki ketinggian.

3. Rawat bagian baterai
Bagian baterai termasuk perangkat Android yang sangat vital. Pasalnya tanpa baterai smartphone Anda tidak akan bisa hidup. Lakukan peng-charge-an sesuai prosedur yang ada di buku panduan smartphone. Agar ponsel Android Anda tidak mudah terserap habis baterainya, gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja dan uninstall aplikasi yang memang tidak penting. Dengan demikian smartphone Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dijamin baterai pada perangkat Android akan tetap awet sepanjang masa.

BACA JUGA  Super Mario Run Siap Mendarat di Android 23 Maret Mendatang

4. Unmount SDcard
Nah, jika Anda akan mencoba melepas memori eksternal pada perangkat Android. Sebaiknya dilepaskan dahulu dengan tata cara yang benar, yakni pergi ke Pengaturan > Pengaturan Penyimpanan > Lepaskan SDcard, setelah itu Anda matikan ponsel dan cabutlah SDcard-nya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar semua data yang tersimpan pada memori eksternal tidak akan hilang dan SDcard tetap berfungsi secara baik.

5.Matikan ponsel saat di-charge
Terakhir Anda harus mematikan smartphone saat sedang di charge. Meskipun kedengarannya sepele namun jika mengecas ponsel dalam keadaan hidup dapat berpengaruh pada umur baterai yang semakin pendek. Alasannya karena display pada smartphone tersebut mampu menghabiskan energi dalam jumlah yang banyak bila dalam keadaan standby.

Sudahkah Anda membaca ulasan di atas? Iya, alangkah baiknya jika Anda menerapkan semua cara merawat smartphone dengan sebaik mungkin. Semua itu demi kebaikan ponsel Android Anda sendiri.

BACA JUGA: 5 Smartphone Android Terbaik Dari Pabrikan Jepang

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips n Trik

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top