Connect with us

Merasa Dikibuli ISP? Ini Cara Tes Kecepatan Internet Kamu yang Sebenarnya

Merasa Dikibuli ISP? Ini Cara Tes Kecepatan Internet Kamu yang Sebenarnya

Internet

Merasa Dikibuli ISP? Ini Cara Tes Kecepatan Internet Kamu yang Sebenarnya

RANCAH POST Ini Cara Tes Kecepatan Koneksi Internet Kamu yang Sebenarnya. Pastinya gak sedikit diantara kamu yang pernah merasa kena kibul dari penyedia layanan internet atau ISP. Bisa Telkom atau layanan lain yang kamu gunakan. Misalnya kita pakai paket internet 2Mbps, tapi yang kita rasakan kecepatannya jauh di bawah itu.

Saat melapor ke pihak ISP, mereka bilang kondisi internetnya normal. Lalu apa laptop atau PC kita yang salah? Mana tahu kan?

Bisa saja ternyata di lappy kesayangan kita yang justru tidak mampu memberikan respon speed yang kita inginkaan. Bisa karena terlalu tua, atau spek-nya yang kurang mumpuni. Jadi sebaiknya kamu cek dulu kondisi PC atau laptop kamu sebelum koar-koar salahin ISP. Kecuali jika memang lappy ama PC gak masalah, baru bisa kamu hubungi ISP, dan mau ngamuk juga gak masalah toh!

Sebenarnya penyebab internet LEMOT sendiri ada beragam sih, bisa dari laptop atau PC yang emang udah jadul, jaringan internet di rumah kita yang kacau/bermasalah, hingga memang ada kesalahan teknis di jalur internet si ISP ini.

Nah, lalu bagaimana cara untuk mengetahui kondisi internet di rumah kita yang sebenarnya? Misalnya seperti mengetahui kecepatan koneksi internet asli, tanpa gangguan dan hambatan ini itu? Mari kita bahas.

Pertama dan yang paling utama, kita tetap akan memakai layanan tes kecepatan internet yang biasa kita pakai. Bisa pake speedtest dari CBN atau dari Speedtest.net punya Ookla, itu bebas selera Anda. Tapi saya rekomendasikan pakai Speedtest.net, karena kita bisa gonta-ganti server sesuka hati buat ngetes.

Nah, selanjutnya, pastikan tidak ada masalah internal di pihak kita. Si PC atau Lappy dalam kondisi yang maksimal, tanpa gangguan. Langkahnya adalah sebagai berikut!

1. Pastikan Laptop atau PC yang kamu pakai menggunakan port network Gigabit, sialnya ini yang paling bagus. Untuk cek apakah laptop kamu pakai port Gigabit atau bukan, cari di Google.

2. Pastikan komputer kamulah satu-satunya yang terhubung ke internet. Kamu harus yakin gak ada temen atau musuh yang nebeng nge-net di jaringan WiFi kamu, sehingga gak ganggu koneksi, seperti download saat lagi tes speed. Dan jika pake port LAN tambahan, copot aja. Pastikan saja komputer atau PC yang kamu pake buat nge-tes cuma satu-satunya yang terhubung ke jaringan.

3. Terakhir, buka speedtest.net, dan coba lakukan tes speed via server terbaik yang discan sistem. Dengan kata lain langsung klik “mulai test”. Setelah itu, catat hasilnya, dan lakukan tes lain dengan server berebeda, tapi tetap inget untuk pilih server yang paling deket sama rumah atau lokasi kamu, jangan yang jauh-jauh, apalagi sampe sebrang pulau dan negara. Dan jangan lupa juga buat catat semua hasilnya.

Nah, setelah selesai atau dirasa cukup, bandingkan setiap hasil tes speed yang sudah kamu dapat tadi. Cari hasil mana dengan kecepatan tertinggi, dan itulah speed internet kamu yang sebenarnya.

Perlu diingat pula, bahwa kecepatan internet sendiri tidaklah selamannya stabil. Baik pakai model wireless (GSM/4G LTE) ataupun pakai modem kabel (TELKOM, dll), pada dasarnya signal yang disampaikan tidak selamanya stabil, kadang naik kadang turun tergantung kondisi medan, cuaca, sistem dan lain sebagainya.

Penggunaan internet juga berpengaruh loh, mulai dari streaming, browsing dan download biasanya memiliki kecepatan berbeda. Dan jika dipakai sekaligus (browsing sambil download dan streaming) ya sudah pasti bakal lemot. Apalagi jika jaringan di share dan dipakai lebih dari 2 orang, mungkin akan sangat terasa perubahannya, sesuai dengan paket speed yang dipasang.

Jika ingin tau lebih pasti, kamu bisa melakukan tes tadi dengan lebih sering. Misalnya dengan melakukan tes selama 3 hari sekali atau seminggu sekali, kemudian dilihat dan dirata-ratakan, kamu akan tahu kondisi prima internet kamu dan kapan saja ia mengalami perlambatan.

Dan jika kamu ingin internet lancar buat seorangan, bisa pake modem GSM aja, bisa pilihan paket internet kesukaan kamu, mulai dari paket internet simPATI Loop, paket internet AXIS, paket internet XL atau paket manapun yang kamu suka.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Internet

Advertisement

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top