Alasan Kenapa Nasi Dingin Lebih Baik Daripada Nasi Hangat

Alasan Kenapa Nasi Dingin Lebih Baik Daripada Nasi Hangat

RANCAH POST – Alasan nasi dingin lebih baik daripada nasi hangat. Menikmati sajian lezat dengan nasi hangat biasanya akan terasa semakin sempurna. Apalagi kalau dimakannya dalam keadaan lapar, wah rasanya pasti tambah nikmat kan ladies.

Tapi tahu kah kamu, kalau ternyata nasi yang lebih bagus dan baik untuk kesehatan itu justru nasi yang sudah dingin, bukan nasi hangat apalagi nasi yang masih panas.

Ada alasan tersendiri kenapa nasi dingin lebih baik daripada nasi hangat. ‘Michelle Roberts’ selaku editor kesehatan di BBC News memaparkan kalau pati di dalam nasi akan dipecah menjadi gula sederhana oleh tubuh. Molekul gula sederhana itu lalu ditumpuk dan diubah menjadi glukosa yang memberi tubuh energi. Cuma masalahnya, kalau tubuh kelebihan glukosa, maka glukosa tersebut bisa menumpuk jadi lemak.

Perlu kalian ketahui, nasi mempunyai dua jenis pati, yakni pati yang mudah dicerna dan sukar dicerna. Dan hanya jenis karbohidratlah yang bisa diserap oleh tubuh yang bisa dipecah menjadi gula.

Tim peneliti kemudian mencari cara supaya jenis pati yang sukar dicerna ini rendah kalori. Caranya yakni dengan menambahkan minyak kelapa dan mengkonsumsi nasinya dalam keadaan dingin. Saat memasak nasi, tambahkanlah sedikit minyak sayur. Fungsi minyak kelapa ini yaitu untuk mengubah struktur pati yang tadinya sulit dipecah jadi lebih mudah dicerna.

Setelah dimasak, dinginkan terlebih dulu nasinya. Nasi yang sudah dingin kandungan karbohidratnya lebih sedikit. Sehingga ketika kita mengkonsumsinya, glukosa yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit. Para penderita diabetes pun lebih disarankan untuk mengkonsumsi nasi dingin daripada nasi hangat ataupun nasi panas.

Itu tadi alasan kenapa nasi dingin lebih baik daripada nasi hangat. Jadi, sudahkah kalian siap untuk beralih ke nasi dingin? Semoga bermanfaat.

loading...

BERITA TERKAIT

Leave a Reply