Connect with us

Kini Ada Aplikasi PLN MOBILE, Mulai dari Cek Tagihan Listrik Hingga Protes Jadi Lebih Mudah

Kini Ada Aplikasi PLN MOBILE, Mulai dari Cek Tagihan Listrik Hingga Protes Jadi Lebih Mudah

Software

Kini Ada Aplikasi PLN MOBILE, Mulai dari Cek Tagihan Listrik Hingga Protes Jadi Lebih Mudah

RANCAH POSTKini Akses menuju layanan PLN sudah makin dipermudah, terutama dengan keberadaan aplikasi PLN MOBILE yang kini mampu melayani kebutuhan pelanggan, hanya melalui smartphone Android di genggaman konsumen. Aplikasi ini adalah wujud sekaligus bukti inovasi PLN yang digarap bersama dengan PR Indonesia Comnet Plus selaku anak perusahaan PLN sendiri.

PLN MOBILE merupakan aplikasi Mobile Customer Self Service yang sudah terintegrasi dengan APKT (Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu) dan AP2T (Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat). Aplikasi PLN MOBILE ini tidak lain adalah wujud inovasi dan layanan Contact Center PLN 123 yang saat ini juga bisa diakses melalui panggilan telpon di nomo 123, handphone (kode area + 123), [email protected]_123, Facebook PLN 123, atau email [email protected]

Berdasarkan keterangan yang diungkap Kepala Divisi Sistem dan TI di PLN, Agus Sutiawan. Layanan bagi pelanggan PLN ini diharapkan bisa mendukung perbaikan pada tata kelola Layanan Pengaduan serta mewujudkan layanan Keluhan Pelanggan yang lebih maksimal. Serta mampu memutus jalur birokrasi dan prosedur.

Aplikasi PLN Mobile ini diklaim mampu memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada pelanggan. Mulai dari memberikan informasi tagihal listri, informasi pemadaman dan berbagai informasi lain seputar pelayanan PLN. Aplikasi ini juga bisa mempermudah pelanggan untuk komplain dan menyampaikan keluhan seputar pelayanan PLN di wilayahnya, secara langsung, mudah dan cepat.

Aplikasi PLN MOBILE ini sendiri sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur dasar yang memang cukup berguna dan dapat diandalkan. Adapun fitur yang dimaksud, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Cek tagihan dan riwayat token
  • Simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara
  • Permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara
  • Informasi tarif listrik terkini
  • Cek status pengaduan dan permohonan berita terkini dari PLN

Nantinya, fitur-fitur pada aplikasi ini terus dikembangkan. Beberapa di antaranya yang akan muncul di versi selanjutnya adalah layanan untuk menghubungi Customer Service Officer PLN 123 tanpa melalui telepon rumah dan operator selular, tetapi dengan menggunakan Voice Over Internet Protocol (VOIP),” ujar Agus.

Selain keluhan, salah satu fitur yang paling penting adalah fitur info pemeliharaan. Dimana nantinya fitur ini akan memberitahukan kepada pelanggan mengenai proses, prosedur atau kegiatan pemeliharaan. Sehingga nantinya pelanggan bisa mengetahui kapan adanya pemadaman dan apa alasannya.

Saat ini, Aplikasi PLN MOBILE sudah tersedia dan dapat diunduh di toko aplikasi Android, Google Play Store. Pengguna sudah bisa memakai aplikasi ini dan mencoba semua fitur yang ada di dalamnya.

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Software

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top