6 Hal yang Perlu Dilakukan saat PMS agar Kembali Fit

6 Hal yang Perlu Dilakukan saat PMS agar Kembali Fit

RANCAH POST – Hal yang perlu dilakukan saat PMS agar kembali fit. Saat menjelang haid, tidak sedikit perempuan yang akan mengalami PMS. Peneliti menyebutkan bahwa hampir 70% wanita akan mengalami PMS menjelang hari pertama mereka haid.

Dan selama mengalami PMS, waktu tidur seseorang pun akan sangat terganggu. Suasana hati jadi kurang bahagia dan jadi mudah sekali marah. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh di hari menjelang haid ataupun menstruasi.

Tapi jangan khawatir ladies, untuk kamu yang ingin tetap fit saat menjelang haid dan juga bisa melewati masa-masa PMS dengan nyaman, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan lho. Berikut ini 6 hal yang perlu dilakukan saat PMS agar kembali fit.

Minum cukup

Pastikan untuk minum air putih dengan cukup ya ladies. Sangat disarankan juga agar kamu meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. Jika biasanya ladies hanya minum sebanyak 6 hingga 7 gelas perhari, usahakan agar minum 8 gelas atau lebih perharinya ya. Kecukupan asupan cairan ini akan membantu kamu menurunkan resiko perut kembung serta perasaan kurang nyaman akibat meningkatnya natrium di dalam tubuh akibat PMS.

Konsumsi kalsium cukup

Selain konsumsi air yang cukup, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan supaya terhindar dari masalah PMS yakni konsumsi kalsium yang cukup. Beberapa makanan yang menjadi sumber kalsium diantaranya adalah susu, tahu, tempe, susu dan juga keju. Makanan yang banyak mengandung kalsium dipercaya bisa menekan resiko PMS menjelang haid hingga 36%. Hal ini juga akan membuat organ tubuh khususnya tulang dan gigi selalu dalam kondisi sehat juga kuat.

Konsumsi makanan kaya magnesium

Di samping mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, ladies juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium di hari-hari menjelang haid. Makanan yang banyak mengandung magnesium sangat baik untuk otak dan kenyamanan perasaan. Beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium sendiri antara lain buah pisang, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan juga cokelat.

Kurangi konsumsi kafein

Pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung kafein menjelang haid ya ladies. Konsumsi kafein justru akan membuat perasaan jadi semakin tidak nyaman. Hal ini juga memungkinkan kamu mempunyai kualitas tidur yang sangat buruk saat malam.

Olahraga di pagi atau sore hari

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Ladies bisa melakukan olahraga di pagi ataupun sore hari. Olahraga akan membuat perasaan jadi lebih nyaman, tubuh lebih fit serta terhindar dari resiko PMS yang buruk menjelang haid. Para ahli mengungkapkan bahwa olahraga terbaik yakni di pagi hari saat matahari mulai menampakkan dirinya di jam 5 sampai jam 7 pagi. Vitamin D pada sinar matahari tidak hanya membuat tubuh semakin sehat, tetapi juga membuat perasaan jadi lebih semangat.

Stop konsumsi minuman beralkohol

Satu lagi yang sangat perlu kamu lakukan jika tidak ingin mengalami PMS buruk menjelang haid yakni stop minum minuman beralkohol. Pada dasarnya, minuman beralkohol tidak hanya membuat tubuh kurang bugar, tapi lebih jauh hal ini juga merusak suasana hati dan merusak sistem kekebalan tubuh yang juga mengganggu kesehatan otak.

Ladies, itu tadi 6 hal yang perlu dilakukan saat PMS agar kembali fit. Oh iya, selain hal di atas, hal lain yang juga sangat perlu dilakukan yakni mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup serta istirahat cukup. Semoga bermanfaat.

loading...

BERITA TERKAIT

Leave a Reply