Dini Hari Tadi Pangandaran Diguncang Gempa 5,1 SR

Dini Hari Tadi Pangandaran Diguncang Gempa 5,1 SR

BERITA PANGANDARAN, RANCAH POST – BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melaporkan adanya gempa yang terjadi di laut Pangandaran Jawa Barat. Gempa di Pangandaran tersebut dikabarkan terjadi sekitar pukul 04.02 WIB, Selasa (3/1/2017) dini hari.

Sebagaimana keterangan Nana Ruhena, Kepala BPBD Pangandaran Jawa Barat, pihaknya membenarkan adanya gempa di Pangandaran tersebut. Menurutnya, selain terasa di sejumlah wilayah yang ada di Pangandaran, gempa itu terpantau pula di server informasi bencana.

“Pihak BMKG juga telah menginformasikan kepada kami berkenaan dengan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut. Gempa tersebut terjadi di sejumlah titik dengan getaran yang tidak terlalu kencang,” terang Nana.

Meski demikian, Nana meminta supaya warga tidak panik dan terus meningkatkan kewaspadaan dengan adanya gempa di Pangandaran yang berkekuatan 5,1 SR tersebut.  Kepada warga yang rumahnya berada di sekitar tebing, Nana meminta supaya mereka selalu waspada. Sebab getaran gempa biasanya menimbulkan longsor.

BACA JUGA  Angkut 59 Penumpang, Bus Doa Ibu terbakar di Ciamis

“Terlebih sekarang ini dengan kondisi laut Pangandaran yang tengah dilanda cuaca buruk. Cuaca buruk ini kadang juga memiliki keterkaitan dengan kejadian gempa,” kata dia, sebagaimana dilansir Harapan Rakyat.

Sementara itu, dari laporan sejumlah pemerintahan desa, kecamatan, dan sejumlah relawan, tidak didapati adanya perumahan atau fasilitas umum yang rusak akibat gempa di Pangandaran tersebut. “Beberapa laporan sudah kami terima, tapi tak ada satu pun laporan yang menyebutkan adanya kerusakan material akibat gempa tadi pagi tersebut, sesuai dengan prediksi kami,” tutupnya.

loading...

BERITA TERKAIT

Leave a Reply