Saingi Siri dan Cortana, Nokia Bakal Luncurkan Asisten Suara Bernama Viki?

Saingi Siri dan Cortana, Nokia Bakal Luncurkan Asisten Suara Bernama Viki?

RANCAH POST – Nokia tampaknya tidak akan menyia-nyiakan momen penting kembalinya perusahaan ke industri smartphone. Selain telah membuat resmi smartphone Android Nokia 6, kini perusahaan berbasis di Finlandia itu dikabarkan tengah garap asisten suara virtual pesaing Siri, Cortana, dan Google Assistant yang disebut Viki.

Bocoran informasi yang mengklaim Nokia menyiapkan asisten suara virtual ini terungkap berkat sebuah dokumen pengajuan merk di Uni Eropa yang diberi nama Viki. Dokumen, lebih lanjut mendeskripsikan sebagai, ‘software for the creation and monitoring of mobile and web assistants working with digital knowledge and combining all data sources into a single chat and voice-based interface.

Kendati demikian, meskipun tampaknya Nokia tengah menggarap software asisten suara virtual untuk perangkat mereka, namun spekulasi yang beredar justru menyebut bahwa Viki merupakan proyek lain dari perusahaan. Tak dapat dipungkiri lagi, kehadiran asisten suara virtual pada smartphone memang tengah menjadi wabah positif.

BACA JUGA  Nokia Heart, Varian Ponsel Murah dari Nokia 6?

Saingi Siri dan Cortana, Nokia Bakal Luncurkan Asisten Suara Bernama Viki?

Seperti diketahui, handset Apple telah memiliki asisten suara Siri yang sudah hadir sejak tahun 2011 silam. Google memiliki asisten virtual Google Assistant seperti yang disematkan pada handset Google Pixel. Begitu pula handset Windows 10 Mobile yang telah memiliki Cortana. Terakhir, Samsung dikabarkan akan menghadirkan asisten suara virtual Bixby di smartphone Samsung Galaxy S8 mendatang.

loading...

BERITA TERKAIT

Leave a Reply