Connect with us

5 Filosofi Mendaki Gunung Ini Akan Mengubah Hidup Kamu Sepenuhnya

5 Filosofi Mendaki Gunung Ini Akan Mengubah Hidup Kamu Sepenuhnya

Travel

5 Filosofi Mendaki Gunung Ini Akan Mengubah Hidup Kamu Sepenuhnya

RANCAH POST – Aktivitas mendaki gunung bukan hanya sekedar menikmati keindahan pemandangan di atas ribuan meter permukaan laut atau bahkan menikmati pemandangan lautan awan dan langit yang terbuka luas di puncak gunung. Bisa dibilang, segala pemandangan indah itu hanya lah sebuah suplemen yang dapat kamu nikmati sementara.

Namun, dibalik kenikmatan duniawi itu, banyak hal yang akan kamu pelajari ketika melakukan pendakian ke puncak gunung. Bagaimana proses mendaki gunung dimulai, menerjang medan yang sulit, dan menempuh cuaca ekstrim yang berat untuk ditaklukan.

Nah, dari berbagai hal tersebut, mendaki gunung mengajarkan kita mengerti akan filosofi hidup yang sebenarnya. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

1. Tentukan Tujuan Kamu Sebelum Mendaki, Entah Sampai Puncak atau Tidak
Dalam hal ini, kamu harus bisa menilai kemampuan diri sendiri. Apakah kamu sanggup untuk mencapai puncak gunung atau tidak? Jika—misalnya—tujuan kamu cukup mencapai area camping di Ranu Kumbolo, Gunung Semeru, tentu tidak masalah karena disana kamu akan dapat menikmati segala hal yang menakjubkan. Sama halnya dengan hidup, kamu harus menentukan tujuan agar hidup kamu terarah dengan baik.

2. Siapkan Semua Keperluan Secara Matang, Mulai Dari Peralatan Sampai Kondisi Fisik
Sebagian orang banyak yang menganggap sepele sebelum melakukan pendakian gunung. Padahal, mendaki gunung bukan lah seperti melakukan perjalanan camping ceria ala keluarga. Ketika mendaki gunung, kamu akan disambut dengan berbagai macam medan dan kondisi yang tidak tertebak. Maka dari itu, perencanaan dan keperluan harus disiapkan secara matang. Mulai dari waktu, peralatan yang kompatibel untuk mendaki gunung, pengetahuan medan, dan kondisi fisik. Lantas, apa kaitannya dengan filosofi hidup? Tentu saja, pelajaran hal ini akan sangat berarti, karena hidup memerlukan perencanaan yang sangat matang.

BACA JUGA  Rayakan Momen Istimewa Bersama Keluarga di Jimmers Mountain Resort

3. Tidak Ada Salahnya Mendaki Sendirian, Tapi Akan Lebih Baik Jika Mendaki Bersama Teman
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, proses pendakian gunung akan disambut dengan berbagai macam medan dan kondisi yang tidak mudah untuk ditaklukan. Tentu saja, medan dan kondisi yang sulit akan terasa lebih ringan jika kamu mendaki bersama teman-teman seperjalanan. Candaan dan tawa bersama teman-teman akan membuat medan perjalanan terasa lebih menyenangkan. Walaupun melakukan pendakian seorang diri dapat membuat langkah kamu lebih cepat, namun alangkah lebih baik jika pendakian dilakukan bersama teman-teman. Begitu pula dengan kehidupan, kamu bisa saja menjalani hidup seorang diri, namun percayalah kamu akan tetap butuh teman atau pasangan untuk mendampingi hidup kamu.

4. Tanpa Disadari, Ini Bukan Sekedar Menaklukan Gunung, Namun Juga Menaklukan Diri Sendiri
Menaklukan medan dan kondisi yang sulit akan membuat kamu putus asa dan akhirnya menyerah di tengah perjalanan. Misalnya, kondisi cuaca yang buruk, tekanan suhu yang sangat dingin, atau bahkan oksigen yang semakin menipis akan membuat kamu takluk sebelum mencapai puncak sebenarnya. Berkaitan hal ini, kamu akan menyadari bahwa mendaki gunung bukan lah sekedar menaklukan alam, tapi menaklukan rasa kepercayaan pada diri sendiri. Demikian dengan hidup, meraih kesuksesan bukan hanya tentang menaklukan dunia dan isinya, namun juga menaklukan egoisme diri sendiri.

BACA JUGA  Rayakan Momen Istimewa Bersama Keluarga di Jimmers Mountain Resort

5. Keluar Dari Zona Nyaman, Dan Kamu Akan Melihat Sesuatu Yang Menakjubkan
Berani mendaki gunung merupakan salah satu cara bagaimana kamu berani keluar dari zona nyaman yang sedang kamu nikmati. Tentu saja, gunung bukan lah area zona nyaman yang dapat dinikmati oleh setiap orang. Dalam perjalanan mendaki gunung, kamu akan dihadapi dengan berbagai proses yang tidak mudah ditaklukan. Namun, setelah semua beban dapat kamu taklukan, kamu akan dapat menikmati pemandangan yang sangat luar biasa indah dimana pemandangan tersebut tidak dapat kamu nikmati di perkotaan yang menjadi tempat tinggal kamu. Tentu saja—sama dengan menjalani hidup—jika kamu ingin meraih kesuksesan dalam hidup, kamu harus keluar dari zona nyaman kamu dan artinya kamu berani melewati tantangan yang ada untuk meraih kesuksesan tersebut.

Nah, itu dia 5 filosofi hidup yang tanpa disadari bisa kamu dapatkan ketika melakukan pendakian gunung. Karena itu, sekali waktu dalam hidup, kamu wajib melakukan ritual pendakian gunung agar berbagai pelajaran hidup bisa kamu dapatkan. Terkadang, berbagai pelajaran hidup yang tidak terduga bisa kamu dapatkan dengan cara yang berbeda dari setiap orang.

Apakah kamu siap melakukan pendakian gunung? Tentu saja, siap tidak siap kamu wajib mencobanya!

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top