Connect with us

Selain Haus, Ini 3 Tanda Dehidrasi Lainnya yang Perlu Diwaspadai

Selain Haus, Ini 3 Tanda Dehidrasi Lainnya yang Perlu Diwaspadai
Foto Ilustrasi (HEALTH)

Kesehatan

Selain Haus, Ini 3 Tanda Dehidrasi Lainnya yang Perlu Diwaspadai

RANCAH POST – Tanda dehidrasi. Girls, tahu nggak bahwa saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi kita akan berisiko terkena beberapa gangguan kesehatan yang serius lho.

Gangguan kesehatan tersebut mulai dari gangguan ginjal, sakit persendian, penuaan dini, kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, masalah kulit, sampai asma. Jadi, jangan sampai kita menyepelekan soal pentingnya memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang cukup ya guys.

Tanda dehidrasi itu ternyata bukan cuma haus. Ada tanda-tanda lain yang mengarah pada kurangnya cairan didalam tubuh. Berikut merupakan tanda dehidrasi yang harus ladies waspadai.

Warna air seni kuning pekat

Ketika air seni berwarna kuning pekat, itu tandanya terlalu banyak kotoran dalam tubuh dan tidak bisa dikeluarkan. Jika ladies buang air kecil dan melihat warna urin yang keluar kuning pekat, ladies sebaiknya segera minum banyak air putih. Kekurangan cairan juga akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh terganggu girls. Jadi, jangan diabaikan begitu saja jika kamu mengalami hal ini ya.

Susah buang air besar atau sembelit

Sembelit atau susah buang air besar juga merupakan salah satu tanda jika tubuh mengalami kekurangan cairan. Sebagai informasi, fungsi air adalah untuk membantu kotoran yang ada di dalam usus untuk keluar dari tubuh. Jika tidak ada air yang bisa mengeluarkan kotoran tersebut, maka feses tidak akan bisa bergerak dengan baik.

Pusing atau sakit kepala

Tubuh secara bertahap akan kehilangan cairan. Saat tubuh sudah kekurangan cairan, maka garam penting didalam tubuh seperti sodium dan potasium juga akan hilang. Akibatnya, terjadi perubahan zat kimia dalam darah. Perubahan di dalam darah ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap otak sehingga bisa menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit kepala bisa semakin parah tergantung seberapa banyak air ataupun cairan yang hilang dari tubuh.

Nah ladies, itu tadi merupakan 3 tanda dehidrasi selain haus. Jika ladies mengalami salah satu atau tiga tanda tersebut, pertolongan pertama yang bisa dilakukan yakni minum air putih. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Semoga bermanfaat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top