Connect with us

Awas, Ini Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur

Awas, Ini Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur
Foto Ilustrasi (HEALTH)

Kesehatan

Awas, Ini Bahaya Main Gadget Sebelum Tidur

RANCAH POST – Bahaya main gadget sebelum tidur. Girls, apakah kamu punya kebiasaan ngecek smartphonemu sebelum tidur malam? Jika iya, maka kamu harus segera menghentikan kebiasaan buruk itu.

Menggunakan ponsel alias smartphone secara intens sebelum tidur ternyata punya banyak sekali efek yang buruk untuk kesehatan tubuhmu lho. Berikut merupakan bahaya mainn gadget sebelum tidur.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone mempunyai gelombang yang mampu mempengaruhi penglihatan. Menatap layar ponsel terlalu lama di malam hari sebelum tidur berpotensi merusak retina mata lho ladies.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel juga mempengaruhi produksi melatonin. Melatonin merupakan salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Biasa menggunakan ponsel di malam hari sebelum tidur bisa menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi.

Selain mempengaruhi tidur, kekurangan hormon melatonin akibat radiasi sinar ponsel juga akan mempengaruhi asupan antioksidan didalam tubuh. Kurangnya zat antioksidan yang diperlukan tubuh bisa berakibat kurang baik untuk tubuh serta memperbesar risiko terjadinya kanker prostat atau payudara.

Saat tidur terpengaruh, maka kinerja otak serta memori juga terpengaruh. Orang yang kurang tidur, metabolisme tubuh dan aliran darah di otaknya akan terpengaruh sehingga kerjanya jadi tidak maksimal.

Melihat layar smartphone dalam kegelapan juga berakibat kurang baik untuk mata guys. Hal ini mampu menyebabkan mata jadi tegang juga sakit. Jika dilakukan terlalu lama secara permanen hal ini mampu merusak mata.

Nah ladies, itu tadi bahaya main gadget sebelum tidur. Girls, sebisa mungkin jauhkan ponsel dari tempatmu tidur agar kamu bisa tidur dengan lebih berkualitas ya. Sekarang kamu memang masih belum merasakan efeknya, tapi ada baiknya jika dicegah sedari dini. Semoga bermanfaat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top