Connect with us

Terungkap, Ini 5 Bahaya Tidur Setelah Makan yang Membahayakan Kesehatan

Terungkap, Ini 5 Bahaya Tidur Setelah Makan yang Membahayakan Kesehatan
Foto Ilustrasi (HEALTH)

Kesehatan

Terungkap, Ini 5 Bahaya Tidur Setelah Makan yang Membahayakan Kesehatan

RANCAH POST – Bahaya tidur setelah makan. Untuk sebagian orang, tidur setelah makan itu jadi kebiasaan yang sulit dihindari dan jadi kebiasanan yang umum dilakukan.

Hal ini biasanya sering terjadi pada orang yang suka begadang karena saat terjaga di malam hari dorongan untuk makan jadi lebih kuat.

Kebanyakan orang sering tidak memperhatikan tentang bahaya tidur setelah makan, padahal ada banyak penyakit yang bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang satu ini.

Bahaya Tidur Setelah Makan

Lantas, apa sajakah bahaya yang timbul akibat tidur setelah makan? Nah, berikut ini ada 5 bahaya tidur setelah makan untuk kesehatan.

Susah tidur

Masalah susah tidur sering dialami oleh banyak orang, ada banyak faktor yang menyebabkan insomnia, dan yang paling sering adalah stres dan makan di malam hari.

Untuk itu, sebaiknya berilah jarak antara waktu makan dan waktu tidur, setidaknya harus ada rentan waktu sekitar 2 jam sesudah makan.

BACA JUGA  Ingin Terlihat Casual dengan Kebaya Encim di Hari Kartini, Begini Caranya

Memicu maag

Rasa perih di lambung bisa terjadi saat asam lambung dalam perut naik kembali ke kerongkongan setelah makan, sehingga menyebabkan sensasi ketat atau rasa terbakar di dada.

Hal ini bisa disebabkan akibat berbaring setelah makan. Untuk menghindarinya, kurangi makanan pedas dan berlemak seperti saus tomat, jus jeruk ataupun makanan yang digoreng.

Komplikasi asma

Jika ladies memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya jangan sekali-kali tidur setelah makan, karena hal itu bisa memperparah asma yang diderita.

Penderita asma yang makan sebelum tidur mengalami komplikasi lebih sering pada asma mereka seperti batuk, mengi juga sesak napas.

Kegemukan

Berbicara tentang naiknya berat badan yang diakibatkan oleh tidur setelah makan sebenarnya itu lebih disebabkan apa yang dimakan dan mengapa memakannya.

BACA JUGA  Wajah Berminyak Bikin Make Up Cepat Luntur, Ini Cara Mengontrolnya

Kebanyakan orang lebih sering makan di malam hari saat seseorang mengalami bosan, lelah dan stres daripada benar-benar lapar.

Walaupun demikian, tidur setelah makan juga bisa mengganggu proses pencernaan sehingga orang yang melakukannya lebih mungkin mengalami obesitas.

Pencernan yang buruk

Tidur setelah makan selain bisa memicu penyakit stroke ternyata juga bisa memperburuk sistem pencernaan. Langsung tidur setelah makan bisa membuat pencernaan terganggu sehingga perut jadi kembung karena makanan tidak dicerna dengan sempurna.

Selain itu, dalam jangka waktu yang lama masalah infeksi usus juga mengintai orang yang tidur setelah makan. Ngeri juga ya.

Nah, itu tadi beberapa bahaya tidur setelah makan. So, usahakan untuk tidak tidur setelah makan jika kamu peduli dengan kesehatan tubuhmu.

Semoga bermanfaat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement

BERITA POPULER HARI INI

BERITA TERKINI HARI INI

To Top