Connect with us

Pengaturan Upah Minimum & Outsourcing Diharap Tak Akan Bikin Ricuh

Muhaimin Iskandar

Berita Nasional

Pengaturan Upah Minimum & Outsourcing Diharap Tak Akan Bikin Ricuh

RANCAH POST – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar melakukan roadshow ke kawasan-kawasan padat industri untuk berdialog dengan pengusaha dan serikat pekerja mengenai aturan outsourcing dan upah pekerja.

Kawasan-kawasan industri yang dikunjungi Muhaimin antara lain Jakarta, Surabaya, Medan, dan Batam. Roadshow ini diharapkan dapat menampung asprirasi dan usulan pakerja/buruh dan pengusaha terkait dengan masalah-masalah ketenagakerjaan.

“Kita membuka ruang-ruang dialog dengan pihak pengusaha maupun pekerja/buruh agar semua pihak dapat saling bertukar ide dan pandangan mengenai penataan outsourcing dan penetapan Upah minimum,” kata Muhaimin, Jakarta, Kamis (1/11/2012).

Muhaimin berharap, roadshow yang dilakukannya ke berbagai kawasan padat industri dapat menampung berbagai macam permasalahan yang selama ini dirasakan pengusaha dan pekerja serta mencari solusi yang saling menguntungkan.

“Terkait pengaturan upah minimum dan outsourcing, kita harapkan tidak terjadi geger-gegeran. Lebih baik kita buka ruang dialog dan tetap jaga hubungan industrial yang kondusif antara pekerja dan pengusaha,” tegasnya.

Muhaimin mendorong agar upah pekerja/buruh di Indonesia harus naik secara signifikan. Peningkatan upah yang signifikan menuju upah layak merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja.

“Kita mengimbau kepada para kepala daerah agar pertimbangan untuk menaikkan upah minimum provinsi (UMP) mengacu pada kebutuhan hidup layak bagi para pekerja, termasuk insentif sewa rumah dan transport yang cukup mahal,” ujar Muhaimin.

Pemerintah, lanjut dia  terus berusaha menemukan sistem pengupahan yang berasaskan keadilan, kesejahteraan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia.

Namun yang pasti para buruh harus diberikan upah dan kesejahteraan yang layak, agar proses produksi dari industri terus meningkat dan bisa mendongkrak naik roda perekonomian negara.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
To Top