Connect with us

Fakta Sejarah Milan Kontra Barcelona

url

Berita Sepak Bola

Fakta Sejarah Milan Kontra Barcelona

rancahpost.co.id – Bigmatch akan memanas pada babak 16 besar Liga Champions Rabu malam nanti, 20 Februari 2013. Juara liga Champion tujuh kali, AC Milan, bakal menjamu kekuatan semifinalis tahun lalu, Barcelona.

Setelah sempat Terombang – ambing di awal musim, Rossoneri saat ini dalam performa stabil. Tim asuhan Massimiliano Allegri tak terkalahkan dalam lima laga Serie A terakhir. Memukul Bologna, Atalanta, Udinese dan Parma, lalu berhasil menahan imbang saat tandang ke Cagliari. Mereka pun sukses menembus 4 besar klasemen.

Namun, misi I Diavollo Rosso untuk mencuri tiket menuju babak perempat final tidak akan mudah. Pasalnya, performa mereka di San Siro tidak terlalu mengilap saat tampil di Eropa. Apalagi, rekor mereka melawan Barca amat sangat minim.

Peluang itu pun semakin berat karena Barcelona terus menunjukkan performa “sangar”. Tercatat, 15 gol berhasil digelontorkan Lionel Messi dan kawan-kawan dalam lima laga terakhir. Namun, pertahanan Barca rentan kebobolan dan kerap kecurian gol dalam laga-laga terakhir.

Beberapa faktor membuat Barcelona lebih diunggulkan pada leg 1 nanti. Tapi, tim tamu tidak boleh lengah karena mereka kerap kerepotan setiap tampil di kandang Milan.

Untuk memberikan gambaran sebelum bigmatch nanti, berikut data dan fakta menarik AC Milan kontra Barcelona yang telah dirangkum VIVAbola:

*) Dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona tampil digdaya saat menghadapi AC Milan. Blaugrana sukses tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir, dengan mencatat empat kemenangan dan tiga laga berakhir imbang.

*) Kemenangan terakhir AC Milan atas Barcelona terjadi pada Oktober 2004 di San Siro. Laga pada babak fase grup itu berakhir 1-0 untuk tuan rumah. Gol tunggal Andriy Shevchenko membuat Rossoneri berjaya di rumah sendiri.

*) Rekor 8 Pertemuan Terakhir AC Milan vs Barcelona:
20-10-2004 AC Milan 1-0 Barcelona
02-11-2004 Barcelona 2-1 AC Milan
18-04-2006 AC Milan 0-1 Barcelona
26-04-2006 Barcelona 0-0 AC Milan
13-09-2011 Barcelona 2-2 AC Milan
23-11-2011 AC Milan 2-3 Barcelona
28-03-2012 AC Milan 0-0 Barcelona
03-04-2012 Barcelona 3-1 AC Milan

*) San Siro ternyata tidak ramah bagi Milan di kompetisi Eropa. Di antara 16 klub yang lolos ke fase knockout Liga Champions musim ini, tim asuhan Massimiliano Allegri itu menjadi satu-satunya tim yang belum bisa merebut kemenangan di kandang. Terakhir, Milan berpesta di kandang sendiri saat melumat Arsenal 4-0, 15 Februari 2012.

*) AC Milan hanya mencetak satu gol dalam empat laga terakhir di San Siro dalam kancah Liga Champions. Mereka menciptakan 58 tembakan, namun hanya satu yang menemui sasaran.

*) Rossoneri hanya menang sekali dalam 10 laga di fase knockout Liga Champions, yaitu saat menang lawan Arsenal di babak 16 besar.

*) Milan semakin terpojok akibat catatan buruk di kandang. Sebaliknya performa Barca di luar Camp Nou cukup bagus, dengan memenangkan 8 dari 11 laga tandang terakhir di Liga Champions.

*) Rekor pertemuan Barcelona dengan klub Italia juga cukup baik, dengan 6 kemenangan, 7 hasil imbang dan hanya 5 kali menelan kekalahan.

*) Catatan Barcelona juga sangat mengilap di kancah Eropa selama 2 tahun belakangan. Bersama Pep Guardiola dan Tito Vilanova, Azulgrana hanya kalah dua kali dalam 24 laga Liga Champions terakhir. Keduanya saat tampil di Inggris Raya melawan Chelsea dan Glasgow Celtic.

*) Tiki taka skuad Catalonia tidak perlu dipertanyakan. Barcelona menjadi tim dengan ball possession terbaik, 75,8%. Bahkan, tiga pemainnya mampu masuk empat besar pemain dengan umpan paling akurat: Xavi Hernandez (551), Lionel Messi (303) dan Andres Iniesta (302).

*) Peran Christian Abbiati di bawah mistar gawang Milan lebih baik daripada Victor Valdes. Kiper Milan itu sudah melakukan 13 penyelamatan penting, sedangkan Valdes membuat 11 penyelamatan.

*) Messi sudah mencetak 56 gol dalam 74 laga Liga Champions. Bintang asal Argentina itu hanya kalah dari Raul Gonzalez yang membukukan 71 gol dalam 142 laga.

Tanpa Balotelli dan Villa

Milan akan kehilangan striker anyarnya Mario Balotelli. Pemain yang sudah menyumbang 4 gol dalam 3 laga bersama I Diavollo Rosso ini tidak bisa tampil di Liga Champions karena sudah diturunkan Manchester City di fase grup.

Selain itu, kondisi Stephan El Shaarawy masih tanda tanya. Cedera lutut yang mendera top scorer Milan (22 gol dalam 37 laga) itu masih membuat Max Allegri kehilangan salah satu penggedornya.

Kemungkinan besar, Milan akan menurunkan trio penyerang Giampaolo Pazzini, M’Baye Niang dan Kevin Prince-Boateng untuk menekan pertahanan Barca. Mantan akademi Barcelona, Bojan Krkic, pun bisa diberikan kesempatan.

Sementara itu, Barcelona dipastikan tampil tanpa David Villa. Penyerang tersubur Timnas Spanyol itu harus menjalani pemulihan usai operasi batu ginjal. Bek sayap kiri, Adriano Correia juga absen karena mengalami gangguan otot.

Sedangkan “metronom” Barca, Xavi dipastikan sudah bisa kembali tampil setelah absen melawan Granada akibat cedera hamstring. (ibk)

Perkiraan susunan pemain:
Milan: Abbiati, Abate, Zapata, Mexes, Constant, Flamini, Ambrosini, Boateng, El Shaarawy, Pazzini, Niang.

Barcelona: Valdes, Alves, Puyol, Pique, Jordi Alba, Busquets, Xavi, Mascherano, Iniesta, Messi, Pedro

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Sepak Bola

Advertisement
Advertisement
To Top