Connect with us

Apple Diselidiki Komisi Eropa? Karena Diadukan Operator

url

Info Gadget Terbaru

Apple Diselidiki Komisi Eropa? Karena Diadukan Operator

rancahpost.co.id,- Beberapa operator telekomunikasi diberitakan melayangkan keluhan kepada Komisi Eropa yang menilai ada kemungkinan Apple telah berperilaku antipersaingan. Alasan keluhan tersebut terpusat pada dua hal yaitu tuntutan Apple kepada operator untuk pemasaran dan subsidi mobile iPad dan iPhone.

Dilansir dari Telegraph, Senin (25/3/2013), seorang juru bicara Komisi Eropa, Antoine Colombani mengatakan, regulator kompetisi Uni Eropa telah diberitahu tentang kekhawatiran praktek distribusi iPhone dan iPad. Namun, ia mengatakan sampai saat ini belum ada keluhan resmi dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi tersebut.

“Belum ada keluhan formal. Secara umum, kami secara aktif memantau perkembangan di pasar ini. Tentu kami akan ikut campur jika ada indikasi perilaku anti persaingan yang merugikan konsumen,” jelas Colombani.

Tiga orang sumber yang diklaim mengetahui masalah ini mengatakan, beberapa perusahaan telekomunikasi telah menyampaikan gugatan mereka kepada Komisi Eropa. Menurut sumber itu, kekhawatiran beberapa perusahaan telekomunikasi itu terfokus pada persyaratan komersial dalam kontrak dengan Apple.

“Apple bersikeras pada tingkat tertentu dari subsidi dan pemasaran untuk iPhone,” kata sumber yang menolak untuk mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang telah melakukan pendekatan ke Komisi Eropa.

Sumber lainnya mengatakan, perusahaan-perusahaan tersebut telah mengungkapkan kekhawatiran mereka kepada Komisi Eropa pada akhir tahun lalu.

Adapun juru bicara Apple, Natalie Kerris, dengan tegas menyatakan bahwa perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu telah mematuhi semua peraturan yang berlaku. “Kontrak kami sepenuhnya mematuhi hukum setempat dimanapun kami melakukan bisnis, termasuk Uni Eropa,” tutur Kerris.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Info Gadget Terbaru

Advertisement
Advertisement
To Top