Connect with us

Sisi Positif Pengenalan Teknologi Bagi Anak – anak

anak-perempuan-bermain-game

Info Gadget Terbaru

Sisi Positif Pengenalan Teknologi Bagi Anak – anak

RANCAH POST – Sebuah studi dan penelitian dari French Academy of Science memaparkan fakta bahwa mengoprasikan komputer, touchpad, dan game dapat memberikan sisi positif bagi anak-anak.

Dipaparkan EuroNews, sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di depan televisi, tablet, dan layar elektronik lainnya. Untuk mengetahui pengaruh tersebut terhadap anak-anak, maka tim peneliti memantau mereka saat bermain video game.

Pada salah satu sesinya, terlihat area bagian belakang otak anak yang mengontrol gerakan anak, mengendalikan serta menvisualisasikan hal-hal yang bersifat abstrak, dan memecahkan masalah menjadi aktif.

“Ini merupakan pesan kunci bahwa jika orangtua mendidik anak dengan cara memberinya kesempatan bermain video game di komputer ataupun di touchpad, maka anak akan belajar cara menggunakan berbagai bagian otaknya,” ujar salah seorang peneliti, Oliver Houde.

Para peneliti juga mengatakan, orangtua perlu menjelaskan kepada anak bahwa touchpad dan komputer merupakan sebuah sarana saja untuk belajar dan bermain, sehingga anak pun dapat mengerti dan bermain seperlunya.

Houde juga menambahkan, “Ini dilakukan karena media tersebut hanya menjadi alat yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru dengan internet, belajar bagaimana caranya mengasah daya penelarannya melalui game, dan masih banyak lagi dengan bimbingan orangtua.”

Peneliti mengatakan tidak ada salahnya memperkenalkan anak dengan dunia digital. Namun, orangtua harus memastikan konten game dan web internet yang diakses anak harus sesuai dengan usianya.

Akan tetapi, ia juga mengemukakan tidak menyarankan memperkenalkan anak di bawah usia dua tahun dengan TV dan touchpad.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Info Gadget Terbaru

Advertisement
To Top