Connect with us

Sosial Media

Facebook Malas Berinovasi?

Published

on

benarkah facebook malas berinovasi

RANCAH POST – Entah apa yang ada di benak Facebook, setiap kali membuat sesuatu yang baru, mereka seolah-olah  hanya menjiplak saja apa yang sudah ada.

Hal ini baru-baru saja terlihat pada update terbaru fi Facebook 6.0 untuk iPad dan iPhone. Yang dijiplak, adalah sticker emoji mirip dengan yang ditawarkan Line dan aplikasi messaging antar platform lainnya.

Dalam fitur sticker emoji ini, penggunaannya pun sama dengan yang ada di Line, yaitu untuk digunakan sebagai emoticon untuk mewakili perasaan sang pengguna.

Parahnya lagi, bukan hanya fitur sticker yang ditiru mentah-mentah oleh Facebook. Ada pula toko kecil yang menjual sticker emoji berbayar. Ini sama dengan apa yang ditawarkan oleh Path.

Memang, untuk fitur sticker ini sendiri tidak dipatenkan. Sehingga, siapapun boleh memakainya.

Namun, hal ini malah mendekatkan facebook dengan sebutan plagiat. Hal ini dikarenakan bukan kali ini saja Facebook meniru fitur dari layanan maupun aplikasi lain.

Sudah ada Twitter, Google+, Snapchat, BlackBerry Hub, hingga Windows Phone yang juga ikut-ikutan dijiplak oleh Facebook. Sehingga, muncul pertanyaan: Apakah Facebook sudah malas berinovasi?

Loading...
Advertisement