China Diguncang Gempa Kekuatan 6,6 SR

Gempa China 2013
Gempa China 2013

RANCAH POST – Gempa dengan kekuatan 6,6 skala richter (SR) mengguncang negeri China, tepatnya di kota Ya’an, Provinsi Sichuan yang terletak di barat daya China. Sekira 100 orang diprediksi meninggal atau terluka akibat gempa tersebut.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (20/4/2013), posisi gempa dekat dengan gempa besar yang melanda wilayah tersebut pada 2008, serta menewaskan hampir 70 ribu jiwa.

Seperti dilaporkan Xinhua, gempa tersebut diketahui terjadi pada pukul 08:02 waktu setempat di daerah Lushan dan pusat gempa memiliki kedalaman 13 km (8 mil). Saking kuatnya, gempa tersebut juga dirasakan oleh penduduk di provinsi tetangga dan di ibu kota provinsi Chengdu, sehingga menyebabkan banyak orang terburu-buru ke luar.

Sejauh ini, seperti dilaporkan Xinhua, dua orang telah dipastikan tewas. Beberapa gempa susulan pun mengguncang daerah itu setelah terjadinya gempa. Namun tidak sehebat yang pertama, gempa susulan hanya sebesar 5,1 SR.

US Geological Survey awalnya melaporkan gempa di China berkekuatan tujuh SR, namun kemudian direvisi. Seorang warga di Chengdu, 140 km (85 mil) dari kota Ya’an, mengatakan kepada Xinhua ia berada di lantai 13 gedung ketika merasakan gempa. Bangunan berguncang selama sekira 20 detik dan ia melihat ubin jatuh dari gedung di dekatnya.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here