Situs Video Online Hulu Menjadi Target Akuisisi Yahoo Berikutnya

Yahoo Hulu
Yahoo Hulu

RANCAH POSTSitus raksasa Yahoo yang di bawah kepemimpinan Marissa Mayer tampaknya akan berjalan melalui upaya-upaya akuisisi sejumlah perusahaan. Setelah resmi mengakuisisi Tumblr dan perusahaan game PlayerScale kini beredar kabar jika Hulu menjadi target akuisisi Yahoo berikutnya.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (25/5/2013), salah satu sumber dari internal Yahoo menyebutkan jika perusahaan tempatnya bernaung tengah melakukan diskusi bisnis terkait dengan upaya pembelian situs video online, Hulu.

CEO Yahoo Marissa Mayer dan COO Henrique De Castro dikabarkan baru-baru ini menemui pihak Hulu untuk membicarakan kerjasama bisnis. Sebelum beredar kabar membeli Hulu, Yahoo berencana membeli situs video online asal Perancis, Dailymotion.

Namun rencana tersebut dibatalkan Yahoo karena terhalang pemerintah Perancis yang dinilai mempersulit upaya akuisisi tersebut. Selain Yahoo, AllThingsD menyebutkan ada sejumlah perusahaan yang berminat membeli situs video online tersebut.

Perusahaan lain diantaranya Directv, Time Warner Cable, William Morris Endeavor, KKR, Guggenheim Digital, dan The Chernin Group merupakan perusahaan yang kabarnya siap memindahtangankan status kepemilikan Hulu.

Perihal rumor ini pihak Yahoo maupun Hulu enggan berkomentar mengenai rumor akuisisi dan nilai jual beli. Mengingat pada tahun 2011 pemilik Hulu sempat menawarkan perusahaannya dengan tawaran US $ 2 miliar lengkap dengan lisensi konten yang masih berlaku selama dua hingga tiga tahun.

Namun beberapa bulan kemudian pihak perusahaan menarik kembali pernyataan tersebut dan membatalkan rencana untuk menjual ke pihak lain. Sementara April 2013 lalu COO News Corp. Peter Chernin sempat mengajukan tawaran awal sebesar US$ 500 juta dan bersedia membayar lebih untuk memperpanjang izin lisensi tayang.

Hulu merupakan situs video online dan serial TV berbayar yang berdiri sejak Maret 2007. Perusahaan joint venture News Corp., Walt Disney Co., dan Comcast Corp. yang tayang perdana pada Agustus 2007.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here