TKI Demo Rusuh di Kantor Konsulat Jenderal RI di Jeddah

Demo TKI Konsulat Jendral RI Jeddah
Demo TKI Konsulat Jendral RI Jeddah

RANCAH POST – Para TKI berdemo dan rusuh di kantor Konsulat Jenderal RI di Jeddah hari Minggu waktu setempat. Dilaporkan, para TKI tersebut melakukan aksi pembakaran di luar gedung kantor itu dan berseteru dengan aparat keamanan.

Ratusan TKI tengah berupaya memperbaiki status imigrasi mereka dari kerajaan penghasil minyak terbesar tersebut, beberapa dari mereka pun akan meninggalkan Arab Saudi sebelum 3 Juli mendatang. Bersamaan dengan itu, Pemerintah Arab Saudi akan melanjutkan operasi penangkapan terhadap imigran gelap.

Mereka semua sudah menunggu lama di depan kantor pmemerintah selama berhari-hari. Temperatur cuaca Arab Saudi pada siang hari juga meninggi, mereka tetap tidur di depan kantor tersebut agar tidak terputus dari antrian.

Juru bicara kepolisian Jeddah Nawaf al-Booq mengatakan, saat demonstrasi berlangsung, para TKI mencoba menerobos kantor konsulat. Beberapa di antara mereka terinjak-injak dan terluka. Namun mereka sudah bisa dibubarkan, api di depan kantor konsulat itu juga sudah dipadamkan.

“Para TKI melempari batu, dan botol air minum ke polisi,” ujar salah seorang saksi mata yang tidak mau disebutkan identitasnya, seperti dikutip dari Reuters, Senin (10/6/2013).

Pada Minggu kemarin, ratusan warga Indonesia juga masih berada di dekat bangunan kantor itu. Mereka mendapatkan makanan dan minuman, beberapa polisi juga hadir dan ikut berjaga-jaga di wilayah itu.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here