Rusia Akhirnya Ungkap Keberadaan Edward Snowden

Edward Snowden Wikileaks
Edward Snowden Wikileaks

RANCAH POST – Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya mengungkap keberadaan Edward Snowden. Pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat (AS) itu saat ini menetap di area imigrasi Bandara Moskow.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyebut Snowden belum memasuki wilayah Rusia. Penumpang pesawat memang baru resmi memasuki sebuah negara jika telah meninggalkan area imigrasi.

Pernyataan Putin menjadi titik terang lokasi Snowden. Berita tentang posisi Snowden memang sempat simpang siur. Para wartawan bahkan mengikuti rumor keberadaan Snowden hingga ke Kuba.

Di lain pihak, Pemerintah AS terus meminta Rusia menyerahkan Snowden. AS beralasan permintaan itu sesuai dengan kebiasaan di dunia internasional.

“Kami meminta Rusia menghormati kebiasaan internasional untuk menyerahkan buronan yang sedang dicari negara lain,” ujar Menteri Luar Negeri AS John Kerry, seperti dilansir di BBC, Rabu (26/6/2013).

Putin menegaskan, pihaknya tidak terlibat dengan masalah antara Snowden dengan Peemrintah AS. Dia meminta Snowden cepat-cepat pergi dari Bandara Moskow ke negara lainnya.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here