Connect with us

Facebook Bisa Prediksi Kematian?

Facebook Bisa Prediksi Kematian?

Sosial Media

Facebook Bisa Prediksi Kematian?

RANCAH POSTFacebook memiliki data yang luar biasa sangat besar. Konon data tersebut bisa diolah untuk berbagai keperluan, termasuk memprediksi jika ada seseorang yang ingin mengakhiri hidupnya.

Hal itu tengah didalami Facebook bersama sebuah lembaga riset. Proyek ini akan mengumpulkan semua data untuk mengungkap kemungkinan seseorang melakukan bunuh diri berdasarkan aktivitasnya di jejaring sosial tersebut, misalnya update status, check-in lokasi, chatting dan sebagainya akan dikumpulkan dan dianalisa.

Data hasil penelitian itu rencananya akan disimpan di Geisel School of Medicine untuk diolah dari sisi medis. Paul Thompson, salah satu tim riset dari instansi tersebut mengklaim, sudah membangun infrastruktur khusus untuk menjaga keamanan data ‘titipan’ tersebut.

Dalam pengembangnya proyek ini melibatkan relawan dari mantan militer, sekelompok orang yang tergolong rentan melakukan bunuh diri. Hal ini didasari laporan Department of Veterans Affairs di Amerika Serikat yang menuliskan bahwa, 18 sampai 22 veteran ditemukan bunuh diri setiap hari pada bulan Februari 2013 lalu.

Data dari Facebook itu akan diolah dengan aplikasi cerdas yang mampu menganalisa dan memonitoring prilaku secara statistik dan real time. Data ini yang kemudian dipakai untuk menyimpulkan apakah orang tersebut sudah mulai menjurus keprilaku yang berbahaya, seperti bunuh diri.

Seperti dikutip dari Sophos, Rabu (10/7/2013), hasil percobaan tersebut mampu menunjukan 65% prediksi yang akurat. Namun proyek ini masih terus dikembangkan untuk menemukan pola-pola lain.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sosial Media

Advertisement
Advertisement
To Top