Connect with us

Naik Delman Domba, Ngabuburit Ala Garut

Naik Delman Domba, Ngabuburit Ala Garut

Ramadhan

Naik Delman Domba, Ngabuburit Ala Garut

RANCAH POST – Delman domba atau Deldom merupakan kendaraan penumpang yang dimodifikasi dalam ukuran kecil dengan hewan penarik domba, sedang ramai dan diminati anak-anak terutama saat waktu ngabuburit di Garut.

Ngabuburit sambil naik deldom ini hanya ada di lapangan Oto Iskandar Dinata, Garut. Deldom sebenarnya kendaraan main khas Taman Raflesia Ciamis, tetapi kini keberadaannya sedang dinikmati warga Garut khususnya anak-anak.

Selama bulan puasa, penarik deldom sudah tersedia sejak pukul 14.00 WIB. Banyak anak-anak yang berdatangan ke lapangan Oto Iskandar untuk naik deldom. Selain deldom, banyak kendaraan mainan yang bisa dinikmati anak-anak saat sore.

Syalvi Fitria (9) warga Kecamatan Tarogong Kaler, salah satu anak yang sengaja datang ke lapangan Alun-alun Garut untuk ngabuburit dan naik deldom. Berbekal uang Rp25 ribu, Syalvi sudah bisa menikmati lima jenis kendaraan mainan untuk masing-masing dua putaran.

Pertama kali, Syalvi memilih untuk mengayuh becak mini, kemudian sepeda mini, mobi mainan dan sepeda motor mini serta yang terakhir menikmati deldom sebagai penutup permainan.

“Kalau deldom buat istirahat saja, karena untuk mainan-mainan yang tadi aku yang mengayuhnya, jadi capek. Buat istirahatnya naik deldom, ” ujarnya, Kamis, 18 Juli 2013.

Dodo, pemilik deldom mengakui sejak memasuki bulan puasa lebih banyak anak-anak yang naik deldom. Satu deldom bisa memuat 4 sampai 5 anak dengan tarif Rp 5ribu. Setiap dua putaran, Doni sudah mendapatkan Rp25 ribu. Bila lagi ramai, satu hari dia bisa membawa uang Rp300 ribu.

“Kalau lagi marema seperti sekarang banyak anak-anak yang ngabuburit ya lumayan dapat besar pak, ” ucapnya.

Pengakuan sama disampaikan Omzeng (42) pemilik motor minan, bahwa dengan memiliki satu unit mainan dan disewakan kepada anak-anak yang ngabuburit ternyata mampu menghasilkan uang Rp250 ribu per hari.

“Lumayan pak saya bisa ngumpul-ngumpul untuk lebaran, kalau hari-hari biasa, paling saya mendapatkan penghasilan Rp50 ribu saja,” katanya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ramadhan

Advertisement
To Top