Connect with us

Menyuusuri Aliran Sungai Merah Yang Unik Di Spanyol

Menyuusuri Aliran Sungai Merah Yanng Unik Di Spanyol

Travel

Menyuusuri Aliran Sungai Merah Yang Unik Di Spanyol

rancahpost.co.id – Jika umumnya sungai itu berwarna bening, hijau dan kuning kecoklatan, ternyata sebuah keajaiban dunia juga muncul di Spanyol. Di negara ini mengalir sungai dengan air berwarna merah.

Sungai Rio Tinto terdapat di kota Nerva, sisi barat daya Spanyol. Selama kurang lebih 5.000 tahun, tembaga, emas, perak dan mineral lainnya telah ditambang di sepanjang sungai. Sehingga larutan besi menyumbangkan rona kemerahan seperti warna wine pada air sungai.

Warna merah bukanlah satu-satunya. Endapan mineral yang terkandung membuat sungai ini dihiasi dengan warna kuning, hingga jingga.

Iberia dan Tartessians, merupakan kelompok penduduk yang hidup pada tahun 3.000 SM. Mereka adalah penampang situs yang pertama, kemudian diikuti oleh bangsa Fenisia, Yunani, Romawi, Visigoth dan Moor.

Pertambangan memakan lembah dan gunung di sekelilingnya, bahkan penduduk desa di sekitar pun harus dipindahkan. Wilayah ini tidak layak dihuni karena sudah tercemar.

Rio Tinto mengalir sepanjang 100 kilometer. Sumber air berasal dari pegunungan Sierra Morena dari Andalusia. Tidak satupun sungai yang memiliki karakteristik seperti Rio Tinto.

Pihak NASA dan National Centre of Astrobiology bekerja sama untuk melakukan penelitian. Ekosistem Rio Tinto dinilai mirip dengan permukaan planet Mars. Melalui penelitian tersebut, ketahanan organisme diuji di tempat yang mirip dengan Mars.

Rio Tinto telah ditetapkan sebagai kawasan lindung, dan akan menjadi bagian dari jaringan Geoparks Eropa. Sebuah kereta api di Spanyol memiliki rute yang melewati Rio Tinto, hingga pengunjung dapat menikmatinya dengan cara yang nyaman

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
Advertisement
To Top