Connect with us

Tak Selamanya Minum Kopi Itu Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Tak Selamanya Minum Kopi Itu Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kesehatan

Tak Selamanya Minum Kopi Itu Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

RANCAH POST – Tidak selamanya minum kopi bisa timbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini karena minum secangkir kopi diyakini dapat menurunkan risiko terkena kanker hati.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology, The Official Clinical Practice Journal of the American Gastroenterological Association, minum kopi menurunkan risiko hepatocellular carcinoma (HCC) atau jenis paling umum dari kanker hati sekira 40 %.

“Penelitian kami menegaskan bahwa minum kopi baik untuk kesehatan Anda, khususnya terhadap hati. Efek menguntungkan dari kopi terhadap kanker hati mungkin dimediasi oleh terbuktinya sebagai pencegah diabetes yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit ini,”jelas penulis penelitian, Dr. Carlo La Vecchia, MD dari The department of epidemiology, Istituto di Ricerche Farmacologiche “Mario Negri,” and department of clinical sciences and community health, Università degli Study di Milan, Italia, seperti dikutip dari Newsmaxhealth.

Para peneliti melakukan meta-analisis dari artikel yang dipublikasikan dari tahun 1996 hingga September 2012, mempelajari 16 penelitian berkualitas dan totalnya 3.153 kasus. Penelitian ini mengisi kesenjangan penting sebagai meta-analisis terakhir yang dipublikasikan pada tahun 2007. Sejak itu telah ada yang dipublikasikan pada lebih dari 900 kasus HCC atau kanker hati.

Meskipun konsistensi hasil seluruh penelitian, periode waktu dan populasi sulit untuk menentukan apakah hubungan antara minum kopi dan HCC kausal, atau jika hubungan ini mungkin sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa pasien dengan penyakit hati dan pencernaan sering mengurangi asupan kopi mereka.

“Masih belum jelas apakah kopi memiliki peran tambahan dalam pencegahan kanker hati. Tetapi, dalam hal apa pun peran tersebut akan terbatas dibandingkan dengan apa yang dicapai melalui langkah-langkah saat ini,”tandas Dr. La Vecchia

Sementara itu, kanker hati sebagian besar dhindari melalui vaksinasi virus hepatitis B, pengendalian penularan virus hepatitis C, dan pengurangan minum alkohol. Ketiga langkah sederhana tersebut pada prinsipnya menghindari lebih dari 90 persen kanker hati di seluruh dunia.

Kanker hati adalah kanker keenam yang paling umum di dunia, dan penyebab kematian kanker ketiga paling umum. Sementara, HCC adalah jenis utama kanker hati atau lebih dari 90 persen kasus di seluruh dunia. Infeksi kronis dengan virus hepatitis B dan C adalah penyebab utama dari kanker hati, serta faktor risiko lain termasuk alkohol, rokok, obesitas dan diabetes.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top