Connect with us

Ternyata Kemenyan Obat Ampuh Penyakit Kanker Ovarium

Ternyata Kemenyan Obat Ampuh Penyakit Kanker Ovarium

Kesehatan

Ternyata Kemenyan Obat Ampuh Penyakit Kanker Ovarium

rancahpost.co.id – Kemenyan bukan benda hal yang aneh bagi masyarakat Indonesia. Kayu yang mengeluarkan wangi menyengat itu, biasa dipakai sebagai sesajen atau sarana ibadah tertentu. Ternyata, fungsi kemenyan tak hanya terkait hal-hal mistik.

Para ilmuwan menyebutkan, kayu berbau aromatik itu juga dapat mengobati kanker ovarium. Dalam penelitian oleh Leceister University, ditemukan adanya senyawa kimia yang dapat membunuh sel tumor ganas terkandung dalam kemenyan.

Seperti diketahui, lazimnya kemenyan berasal dari genus Boswellia, pohon kecil yang banyak dijumpai di Oman, Yaman, dan Somalia. Pohon itu sudah lama diketahui memiliki khasiat anti-inflamasi dan biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Ilmuwan kemudian mengembangkan penelitian agar kayu yang mengeluarkan aroma wangi itu bisa menjadi salah satu obat untuk kanker. “Kemenyan telah digunakan oleh banyak orang tanpa ada efek samping,” ungkap para peneliti.

Selama ini, gejala awal kanker ovarium tidak terdeteksi. Ia baru diketahui saat memasuki stadium akhir. Saat itu, kondisi sudah membahayakan dan nyaris terlambat. Itulah mengapa kanker ovarium menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan.

Di Inggris, setiap tahunnya terdapat lebih dari tujuh ribu kasus kanker ovarium. Sekitar 4.300 wanita pengidap kanker itu meninggal dunia. Menurut perhitungan, rata-rata jumlah kematian yang diakibatkannya adalah 12 wanita per hari. Untuk mengantisipasinya, ilmuwan merumuskan pengobatan dari kemenyan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top