Connect with us

Manfaat Makan Kacang Bagi Wanita Yang Sedang Hamil

Manfaat Makan Kacang Bagi Wanita Yang Sedang Hamil

Kesehatan

Manfaat Makan Kacang Bagi Wanita Yang Sedang Hamil

RANCAH POST – Hamil merupakan saat berharga bagi setiap wanita. Dalam kondisi hamil, wanita biasanya lebih selektif dalam mengonsumsi makanan. Salah satu makanan yang biasa dihindari adalah kacang.

Mengacu pada pendapat terdahulu, seorang ibu hamil harus menghindari kacang-kacangan jika terdapat sejarah alergi dalam keluarga, seperti asma. Namun, penelitian terbaru justru membuktikan bahwa kacang baik bagi ibu hamil. Bahkan bisa menurunkan risiko anak terkena alergi kacang.

Kini dokter melihat bahwa kacang-kacangan tidak berbahaya kecuali jika memang sang ibu memiliki alergi tersebut. Dalam studi ini, peneliti melihat data dari 8.205 anak, di mana terdapat 308 anak memiliki alergi makanan dan 140 di antaranya alergi pada kacang.

Hasilnya, anak dari ibu yang mengonsumsi kacang-kacangan dengan intensitas 5 kali dalam sepekan memiliki risiko lebih rendah terkena alergi. Hal ini diyakini para dokter terjadi karena ibu yang mengonsumsi kacang semasa hamil menyebabkan anak terkena zat alergen sehingga mampu membangun sistem imun yang mentoleransi alergen tersebut.

Pimpinan studi, Dr Lindsay Frazier dari Dana-Farber Children’s Cancer Center di Boston menyatakan, “Studi ini mendukung hipotesis di mana anak yang terkena alergen saat dalam kandungan mampu meningkatkan kemampuan toleransi terhadap alergen dan menurunkan risiko anak terkena alergi makanan.”

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top