Connect with us

Ingin Sariawan Anda Lekas Sembuh? Ikuti Tips Berikut Ini

sariawan

Kesehatan

Ingin Sariawan Anda Lekas Sembuh? Ikuti Tips Berikut Ini

RANCAH POST – Sariawan bisa dialami oleh siapa saja, dewasa maupun anak-anak. Meski masalah kesehatan mulut ini tidak berdampak terlalu buruk, namun, seringkali membuat seseorang yang mengalaminya merasa terganggu. Sulit bagi si penderita untuk makan, minum bahkan berbicara.

Banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit sariawan. seperti permukaan gigi tajam atau gigi palsu yang tidak pas, mungkin memicu sariawan..

Sariawan juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Atau bahkan karena masalah kekurangan gizi, seperti kurang vitamin B – 12 dan zat besi.

Jika masalah sariawan mengganggu aktivitas Anda, coba sembuhkan segera. Agar luka sariawan lekas sembuh, berikut tipsnya:

Hindari makan pedas, berminyak dan minuman panas. Ini bisa membuat luka sariawan semakin bertambah parah. Akan lebih baik konsumsi buah-buahan segar mengandung vitamin C dan sayuran mentah sebagai bagian dari diet Anda.

Hindari makan permen, permen karet dan minuman bersoda.

Hindari makan-makanan keras, seperti roti , dan tetap berpegang pada makanan lunak yang mudah untuk dikunyah.

Sertakan yogurt segar, buttermilk , keju cottage dan produk susu lainnya dalam diet Anda .

Menjaga kebersihan mulut yang baik. Gunakan sikat gigi lembut ketika menggosok gigi .

Anda dapat berkumur dengan air panas dan dingin secara bergantian.  Atau, menerapkan es pada bagian di mana Anda memiliki luka sariawan. Itu akan mengurangi pembengkakan .

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top