Connect with us

Chile Diguncang Gempa 8,0 SR, Gelombang Tsunami Landa Pesisir

Chile Diguncang Gempa 8,0 SR, Gelombang Tsunami Landa Pesisir

Berita Internasional

Chile Diguncang Gempa 8,0 SR, Gelombang Tsunami Landa Pesisir

rancahpost.co.id – Chile diguncang gempa 8,0 SR yang mengakibatkan Tsunami di pesisir pantai. menurut Angkatan Laut Chile gelombang pertama tsunami sudah melanda wilayah pesisir negara mereka. Tsunami tersebut terjadi setelah gempa mengguncang negara Amerika Selatan itu.

Tidak disebutkan berapa ketinggian dari gelombang tsunami tersebut. Pihak Angkatan Laut Chile memastikan bahwa gelombang tsunami pertama melanda sekira 45 menit setelah gempa berlangsung. Rabu (2/4/2014).

Sebelumnya pihak Pusat Peringatan Bahaya Tsunami Pasifik memperingatkan gempa yang terjadi pada Selasa 1 April 2014 atau Rabu pagi 2 April 2014 waktu Indonesia, bisa memicu terjadinya tsunami.

Sebelumnya, Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) menyebutkan pusat gempa sangat dangkal, atau hanya mencapai 10 kilometer dari dasar laut. Gempa menerpa sekira 99 kilometer sebelah barat daya Kota Iquiqe, yang merupakan wilayah pertambangan.

Iquiqe adalah kota penghasil tembaga. Perusahaan tambang besar seperti Codelco dan BHP Billiton belum melaporkan adanya kerusakan pada tambang yang mereka operasikan.

Sementara peringatan tsunami dikeluarkan di negara mulai dari Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Internasional

Advertisement
Advertisement
To Top