Connect with us

Melirik Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Melirik Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Kesehatan

Melirik Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

rancahpost.co.id – Perdebatan selalu timbul ketika membahas manfaat cokelat, baik dan buruknya untuk kesehatan. Meski demikian, para penggemar coklat ini tidak menghentikan kebiasaannya, memanjakan lidah dengan menikmati cokelat.

Tetapi penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa cokelat, jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, benar-benar bisa memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan Anda.

Cokelat membantu Anda secara emosional merasa lebih baik dan meningkatkan kerja endorfin tubuh, yang juga baik untuk jantung.

Cokelat juga sudah lama diyakini baik untuk meredakan stres. Bahkan penelitian telah mengkonfirmasi bahwa cokelat mengandung asam tertentu yang membantu merelaksasi pikiran, ditambah gula dalam cokelat membantu dalam mengurangi stres.

Dan yang terbaik adalah, cokelat tidak membuat Anda gemuk. Menurut hasil penelitian yang dilakukan seorang dokter dari Amerika Serikat, Dr Beatrice Golomb ternyata komposisi kalori dalam coklat memiliki pengaruh penting dalam peningkatan berat badan. Kalori dan kandungan nutrisi dalam coklat akan merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja lebih keras, sehingga proses pembakaran lemak lebih sempurna.

Penelitian yang dilakukan pada 927 responden yang terdiri dari pria dan wanita ini memberikan hasil yang cukup mengejutkan, karena ternyata responden yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi coklat memeliki indeks massa tubuh yang lebih ringan bila dibandingkan responden yang jarang atau tidak mengkonsumsi coklat.

Artinya bahwa coklat tidak berpengaruh terhadap kenaikan berat massa tubuh.  Bahkan penelitian ini justru menujukkan bahwa kandungan epicatechin dalam coklat dapat meningkatkan jumlah mitokondria yang bertugas melakukan pembakaran.  Epicatechin inilah yang berperan dalam menurunkan berat badan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top