Connect with us

Agar Nasi Tidak Cepat Basi, Ikuti Tips Berkut Ini

Agar Nasi Tidak Cepat Basi, Ikuti Tips Berkut Ini

Kuliner

Agar Nasi Tidak Cepat Basi, Ikuti Tips Berkut Ini

rancahpost.co.id – Bagi orang Indonesia makan tanpa nasi akan terasa kurang lengkap. Sebagai yang sering memakan nasi, ada banyak jenis nasi di Indonesia, cara pengolahannya pun berbeda-beda. Namun dari semua cara itu, ada satu masalah yang sering dihadapi, yaitu nasi cepat kuning dan basi.

Nasi yang awalnya putih akan jadi kuning dan berbau tidak enak. Padahal baru dimasak beberapa jam yang lalu. Agar Anda tidak buang-buang nasi dan mendapatkan nasi yang enak dan tidak cepat kuning, gunakan cara-cara ini:

Cuci Beras Sampai Bersih
Salah satu penyebab nasi cepat kuning dan basi adalah proses pencucian yang tidak bersih. Pastikan Anda mencuci beras hingga bersih, sehingga bau beras yang menempel bisa hilang, kotoran penyebab nasi cepat basi juga bisa hilang. Bersihkan juga penanak nasi dari sisa beras yang menempel.

Gunakan Takaran Air Yang Sesuai
Tidak semua beras bisa ditanak dengan takaran air yang sama. Setiap beras punya ciri khas, ada beras yang butuh banyak air saat dimasak, ada yang butuh sedikit saja tapi sudah empuk dan enak. Pastikan jumlah takaran air pas, agar nasi tidak kebanyakan air sehingga cepat kuning dan basi.

Matikan Magic Jar di Malam Hari
Salah satu cara efektif membuat nasi lebih awet justru dengan mengangin-anginkannya di suhu udara normal. Cabut magic jar di malam hari, muka sedikit tutupnya dan alasi dengan kain bersih agar tetesan air tidak jatuh ke nasi. Udara yang sejuk ini akan membuat nasi lebih awet keesokan paginya.

Ada Masalah Dengan Rice Cooker atau Magic Jar
Jika berbagai cara sudah Anda lakukan tapi nasi tetap kuning, Anda harus memeriksa kondisi rice cooker atau magic jar yang dipakai. Apakah panasnya sudah pas? Atau justru kurang panas atau terlalu panas sehingga nasi cepat rusak? Periksa juga jenis beras yang Anda pakai, jika cepat kuning, maka gantilah dengan beras lain yang kualitasnya lebih bagus.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top