Connect with us

BMKG: Area Pantai Sekitar Malang Waspada Tsunami

BMKG: Area Pantai Sekitar Malang Waspada Tsunami

Berita Nasional

BMKG: Area Pantai Sekitar Malang Waspada Tsunami

RANCAH POST – Kabar yag tidak enak datang dari BMKG, daerah sekitar Pantai di Malang, Jawa Timur, kini berstatus waspada tsunami. Status itu disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, yang didapat dari Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG Malang.

“Mulai besok kami akan berkirim surat imbauan kepada para camat di Kabupaten Malang, yang lokasinya berdekatan dengan pantai. Karena Malang waspada bahaya tsunami,” kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Luthfi, Rabu (2/4/2014) sore.

Menurut Hafi, di Kabupaten Malang saat ini terdapat enam kawasan pantai wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, serta berdekatan dengan permukiman warga. Pantai tersebut adalah Goa China, Tamban, Sendangbiru, Balikambang, Pagak, dan Ngeliyep.

“Surat imbauan waspada tsunami itu, juga akan kami kirim kepada Dinas Pariwisata supaya wisatawan yang mengunjungi pantai lebih waspada,” kata Hafi.

Gelombang tsunami, lanjut Hafi, berpotensi datang pada malam atau dini hari. Namun, prediksi tersebut tidak selalu benar karena tidak bisa diduga lempengan laut mana yang bisa patah sewaktu-waktu.

“Sebenarnya yang kami khawatirkan adalah warga yang tempat tinggalnya berdekatan dengan pantai atau para nelayan yang memarkir perahunya di pinggir pantai,” ungkapnya.

Potensi tsunami di kawasan Kabupaten Malang itu memang tidak terlalu besar seperti di kawasan pantai Banyuwangi dan daerah lainnya di Jawa Timur. “Tapi, imbauan waspada tetap kita lakukan. Karena kita tidak bisa menduga kapan tsunami akan datang,” katanya.

Selain itu, cuaca buruk seperti angin kencang juga patut diwaspadai. Ini karena, sebelumnya Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyebutkan ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia yang berpotensi tsunami.

Adapun tinggi potensi tsunami dari 0-0,5 meter. Waktu kedatangan tsunami pada Kamis (3/4/2014) pukul 05.11 WIB hingga pukul 19.44 WIB. Status peringatannya adalah waspada.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
To Top