Connect with us

Ternyata Microwave Melenyapkan Zat Gizi Dalam Makanan

Microwave

Kuliner

Ternyata Microwave Melenyapkan Zat Gizi Dalam Makanan

RANCAH POST – Microwave merupakan salah satu alat memasak wajib yang harus ada di dapur. Microwave berfungsi menghangatkan makanan dalam waktu singkat. Tetapi, banyak orang merasa khawatir untuk menggunakannya salah satunya karena takut zat gizi dalam makanannya hilang.

Seorang ahli gizi dari Philadelphia, Katie Cavuto, R.D., memiliki jawabannya untuk And.

Semua metode pemasakan mengurangi zat gizi
Sama seperti memasak menggunakan kompor biasa, proses pemanasan pada bahan makanan akan membuat zat gizi di dalamnya berkurang tau rusak. Beberapa zat gizi yang larut air seperti vitamin C dan vitamin B komplek sangat rentan terhadap suhu panas. Terlebih jika Anda menambahkan air pada makanan tersebut.

Waktu lebih singkat
Dibandingkan dengan menggunakan kompor, memasak menggunakan microwave membutuhkan waktu lebih sedikit. Ini membuat makanan tidak terkena panas lebih lama. Karena itu, sebenarnya menggunakan microwave menurunkan resiko kerusakan zat gizi dalam makanan.

Hati-hati zat berbahaya
Saat menggunakan microwave, pastikan tempat yang Anda gunakan untuk memasak makanan adalah wadah yang dibuat untuk microwave atau microwaveable. Penggunaan plastik biasa atau bahan yang tak cocok dimasukkan dalam microwave dapat membuat bahan kimia dalam wadah tersebut masuk ke dalam makanan Anda, ini lebih berbahaya daripada sekedar kehilangan beberapa zat gizi. Perhatikan selalu label pada wadah yang Anda gunakan. Lebih baik Anda menggunakan wadah dari kaca atau keramik untuk meminimalisir resiko ini.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kuliner

Advertisement
Advertisement
To Top