Connect with us

Eksotisme Seribu Danau Solok

Danau Singkarak

Travel

Eksotisme Seribu Danau Solok

RANCAH POST – Letak Geografis membuat Kabupaten Solok mempunyai banyak danau, yaitu danau indah, yaitu Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diateh (Diatas), dan Danau Dibawah.

Danau Kembar terletak di Kabupaten Solok, tepatnya di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang. Lokasi ini sangat strategis dan terletak diatas ketinggian sehingga suhu udaranya sangat dingin. Aktivitas petani kol, kentang, cabe, menjadi pemandangan tersendiri yang khas.

Di tempat ini memiliki udara dingin, bahkan saat siang hari. Kebiasaan masyarakatnya kerap mengenakan kain sarung. Danau Kembar berjarak sekira 65 km dengan melewati jalan tanjakan dan tikungan. 15 km perjalanan meninggalkan kota Padang maka akan disuguhi pemandangan perbukitan, hutan, dan jurang curam. Begitu sampai di Lubuk Selasih, berbeloklah ke kanan untuk menuju Solok Selatan guna menikmati suguhan aroma daun teh segar.

Danau Diatas dan Danau Dibawah sering disebut sebagai Danau Kembar. Meskipun disebut kembar, keduanya berbeda. Uniknya danau yang letaknya lebih tinggi itu disebut Danau Dibawah. Keduanya saling berdampingan di jajaran Bukit Barisan. Jarak keduanya sekira 300 meter sehingga disebut Danau Kembar.

Anda yang hobi memancing bisa menyalurkannya di sini. Bisa pula melihat Gunung Api Talang yang masih aktif. Kawasan Danau Kembar memiliki agroturis luas dan khas, seperti perkebunan teh, markisa, dan sayur-mayur. Di kawasan ini tersedia wisata outbond, tracking, olah raga air, dan kegiatan rekreasi lainnya. Sepulang menikmati panorama Danau Kembar, Anda dapat membeli beraneka ragam jenis bunga di sekitar danau.

?Keperawanan alam dan keaslian budaya masih kental di daerah ini.  Bila datang dari Solok maka bisa langsung menuju Danau Dibawah dari Terminal Bareh, Solok. Jalannya sedikit sempit namun pemandangannya mengagumkan. Sekira tiga jam, Anda akan sampai ke danau pertama, yaitu Danau Diatas.

Danau Diatas lebih besar dibanding Danau Dibawah. Terdapat dermaga kayu kecil. Tempat ini menyajikan pemandangan danau yang alami dengan air yang bening. Pohon pinus tumbuh di tepian membuatnya seakan dijaga pagar alami. Setelah menikmati Danau Diatas, Anda bisa menuju Timur untuk menjumpai Danau Dibawah. Danau Dibawah berjarak  satu km di tempat yang terletak lebih tinggi. Danau tersebut dinamakan Danau Dibawah karena ketika melihatnya, danau tersebut terletak di bawah Anda.

Kemudian, Anda berjalan ke tempat lebih tinggi untuk melihat danau ini. Kontur Alahan Panjang yang berbukit membuatnya seperti mangkuk hijau raksasa. Panorama yang disajikan tak kalah indahnya sambil menikmati buah markisa yang banyak dijual di sepanjang jalan.

Danau Kembar merupakan danau vulkanik besar yang terletak tidak berjauhan dan hampir berdampingan karena dipisahkan oleh sebuah bukit yang menjulang di antara keduanya. Keindahan kedua danau bisa disaksikan dari puncak bukit.

Ikan di Danau Dibawah jarang ditangkap sehingga ukurannya besar dan jumlahnya banyak. Dari puncak bukit Anda akan melihat kilatan dari ikan berenang di Danau Dibawah. Danau Kembar memiliki nuansa magis ditambah budaya masyarakat setempat yang terkenal dengan ilmu mistisnya. Bahkan ilmu mistis masyarakat Danau Kembar terkenal di Kabupaten Solok. Banyak yang datang ke daerah ini untuk belajar ilmu kebatinan atau belajar silat yaitu silek pakieh rabun atau silek luncue,

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

Advertisement
Advertisement
To Top