Connect with us

Piala Dunia 2014: Spanyol Dibantai Belanda dengan Skor 5-1

Spanyol Vs Belanda

Berita Sepak Bola

Piala Dunia 2014: Spanyol Dibantai Belanda dengan Skor 5-1

RANCAH POST – Belanda sukses membalaskan ambisi balas dendamnya kesumat kepada Spanyol pada laga grup B Piala Dunia 2014 di Itaipava Stadium, Sabtu (14/6/2014). Dengan kesuperiorannya, Belanda hancurkan spanyol dengan skor telak 5-1.

Belanda tertinggal lebih dulu pada menit ke-27 melalui eksekusi tendangan penalti Xabi Alonso. Gol gelandang Real Madrid itu tercipta dari eksekusi tendangan penalti setelah Diego Costa dijatuhkan Stefan de Vrij.

Belanda baru bisa menyamakan kedudukan sebelum turun minum, tepatnya pada menit ke-44. Penyerang sekaligus kapten tim, Robin van Persie menuntaskan umpan lambung Daley Blind dari hampir separuh lapangan dengan sundulan sambil meloncat. Iker Casillas hanya bisa terpaku memperhatikan bola meluncur mulus ke dalam gawangnya.

Daley Blind kembali menjadi arsitek terciptanya gol kedua Belanda pada menit ke-48. Lagi-lagi umpan lambung Blind dari sisi kiri berhasil menghadirkan gol untuk Belanda.

Umpan lambung pemain Ajax Amsterdam itu diterima Robben di ujung kotak penalti dengan kaki kirinya sambil melompat. Dibayangi Gerard Pique, Robben menggeser bola ke kiri dengan kaki kanannya. Begitu mendapat ruang tembak, pemain Bayern Muenchen tersebut melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Sergio Ramos yang berusaha mengeblok bola justru sedikit membelokkan arah bola setelah mengenai kakinya.

Stefan de Vrij membayar kesalahannya pada menit ke-64 melalui sundulan yang memperbesar keunggulan De Oranje menjadi 3-1. Gol De Vrij tercipta berkat tendangan bebas Arjen Robben dari area kanan pertahana Spanyol.

Bola hasil tendangan Robben melengkung mulus ke tiang jauh. Iker Casillas yang bergerak ke depan tidak mampu menjangkau bola. Kiper Real Madrid itu bertabrakan dengan Robin van Persie yang bermaksud menyundul bola. Sebelum melewati garis lapangan, bola mendarat di kepala De Vrij yang lolos dari kawalan pemain Spanyol. Bagi Stefan de Vrij, gol tersebut merupakan gol pertamanya untuk tim nasional Belanda.

Iker Casillas harus membayar mahal blundernya. Kesalahan Casillas membuat Belanda memperbesar keunggulan sementara menjadi 4-1 melalui gol Robin van Persie pada menit ke-72.

Kesalahan Casillas berawal ketika menerima back pass dari Jordi Alba. Casillas gagal mengontrol bola itu secara baik sehingga memantul jauh dari kakinya. Robin van Persie yang berlari mendekati Casillas kemudian mampu mencuri bola. Casillas sempat menjegal RvP dengan kakinya, namun tidak maksimal. RvP kemudian menyontek bola ke gawang kosong dengan kaki kirinya. Gerard Pique yang berusaha menutup ruang tembak terlambat.

Arjen Robben membuat Spanyol terlihat seolah bukan juara bertahan melalui gol keduanya pada menit ke-80 yang memperbesar keunggulan Belanda menjadi 5-1. Robben mencetak gol keduanya melalui aksi individual dari separuh lapangan ketika Belanda melakukan serangan balik. Dari separuh lapangan Robben menggiring bola dan tidak mampu dikejar Sergio Ramos.

Di dalam kotak penalti, Robben yang dihadang Iker Casillas, berhenti lalu memutar badan dan menggeser bola ke arah kiri. Dalam posisi terjatuh, Casillas berusaha menggapai bola yang digiring Robben. Meski sudah jatuh-bangun Casillas tetap gagal menggapai bola dan berhenti. Robben kemudian melepaskan tendangan keras kaki kiri ke dalam gawang kosong.

Atas kemenangan ini Belanda memuncaki klasemen sementara grup B dengan tiga angka. Spanyol berada di posisi juru kunci atas kekalahan ini. Chile dan Australia baru akan bertanding beberapa jam setelah pertandingan ini.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Sepak Bola

Advertisement
To Top