Connect with us

China: Instansi Pemerintah, Haram Gunakan Produk Apple

China: Instansi Pemerintah, Haram Gunakan Produk Apple

Info Gadget Terbaru

China: Instansi Pemerintah, Haram Gunakan Produk Apple

Beberapa produk keluaran Apple seperti iPad Pro, iPad mini, MacBook Air, MacBook Pro dan beberapa produk lainnya, baru saja kena cekal pemerintah China. Otoritas China kini melarang setiap intansi pemerintahan baik pemerintah pusat ataupun daerah di China untuk menggunakan perangkat keluaran Apple tersebut.

Dilansir dari laman Reuters (07/08/2014), berbagai peragkat Apple telah dicoret dari daftar pengadaan barang untuk instansi pemreintahan di China. Hal ini mereka lakukan terkait keamanan negara.

China merasa khawatir bila pihak Apple bekerja sama dengan pemerintah AS untuk melakukan tindakan Spionase terhadap negara tirai bambu tersebut. Seperti yang diketahui, bahwa beberapa waktu lalu, salah seorang mantan anggota CIA, Edward Snowden yang kini buron, telah membocorkan berbagai informasi yang membuktikan tindakan spionase yang telah dilakukan pihak AS.

Sebelumnya, China juga sempat menetapkan Apple iPhone sebagai Ancaman terhadap negara. Hal ini terkait dengan kemampuan iPhone yang dapat melacak posisi dan lokasi para penggunanya.

Media televisi milik pemerintah China, CCTV juga sempat mengkritik fungsi iPhone yang bernama Frequent Locations. Fungsi ini akan mengumpulkan seluruh data kegiatan pengguna seperti kemanan ia akan pergi, dan dimana posisinya.

CCTV juga menegaskan bahwa data semacam itu sangatlah sensitif. Jika sampai diakses, maka tidak mustahil data tersebut dapat digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi negara terkait, dan bahkan dapat mengungkap rahasia negara.

Mendengar hal tersebut, tentunya pihak Apple tidak tinggal diam begitu saja. Mereka segera memberi tanggapan untuk menenangkan para konsumennya di Cina. Sekaligus dengan tegas membantah bahwa mereka menggunakan data user untuk tujuan tertentu.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Info Gadget Terbaru

Advertisement
To Top