Connect with us

Kanker Payudara Bisa Dihindari Dengan Cara Berikut Ini

Kanker Payudara Bisa Dihindari dengan cara berikut Ini

Kesehatan

Kanker Payudara Bisa Dihindari Dengan Cara Berikut Ini

rancahpost.co.id – Kanker payudara merupakan sebuah mimpi buruk yang menakutkan bagi wanita. Tapi hal itu bisa dihindari dengan cara menjaga kesehatan payudara dan mengikuti gaya hidup sehat. Debra Mangino, M. D.dari New York’s Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, mengungkapkan apabila kanker payudara ini sudah muncul maka ia akan jadi sangat agresif. Jadi sebelum telat, mari kita ikuti tujuh cara di berikut ini.

Menjaga Berat Badan
Berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko kita terkena penyakit kanker payudara. Harold Freeman, M.D., presiden dan pendiri Ralph Lauren Center untuk kanker dan pencegahannya di New York City menambahkan bahwa berat badan berlebih juga bisa memperkecil peluang untuk sembuh dari penyakit ini.

Olahraga 45-60 Menit
Lakukan olahraga selama 45 hingga 60 menit setiap hari, selama lima kali seminggu. Olahraga rutin ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah obesitas, dan menurunkan kadar estrogen dan insulin dalam tubuh.

Hentikan Minum Minuman Beralkohol
Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 gelas minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebanyak 21 persen. Sementara itu, resveratrol yang terkandung di kulit buah anggur bisa menurunkan kadar estrogen yang nantinya juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara.

Konsumsi Sayuran
Makanan rendah lemak bisa mengurangi risiko kita terkena kanker payudara. Cobalah untuk menambahkan sayuran seperti brokoli dan kale dalam menu harian Anda sebagai upaya pencegahan terkena penyakit ini. Akan lebih baik untuk mengonsumsinya ketika masih mentah.

Kenali Riwayat Penyakit dalam Keluarga
Apakah ada anggota keluarga Anda yang pernah terkena penyakit kanker payudara? Freeman menjelaskan bahwa 15 persen kasus penyakit kanker payudara ini disebabkan oleh adanya faktor keturunan.

Lakukan Pengecekan Setiap Tiga Tahun Sekali
Setiap wanita perlu melakukan pengecekan payudara setidaknya setiap tiga tahun sekali. Atau bahkan pengecekan setiap tahun. Pengecekan bisa dilakukan melalui MRI, sonogram, atau mammogram.

Lakukan Pengujian Genetika
Mangino menjelaskan bahwa ketika wanita muda terkena kanker payudara, biasanya itu karena terjadinya mutasi BRCA (gen keturunan yang terkait erat dengan kanker payudara dan ovarium). Apabila ada anggota keluarga Anda yang dulunya punya penyakit kanker ovarium atau payudara, segera lakukan pengecekan genetika.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top