Connect with us

Apa Saja Tanda Awal Kehamilan?

Apa Saja Tanda Awal Kehamilan?

Kesehatan

Apa Saja Tanda Awal Kehamilan?

RANCAH POST – Sebagai pasangan yang baru menikah, tanda-tanda awal kehamilan penting untuk diketahui. Dan memang tanda-tanda tersebut merupakan yang paling dinanti oleh calon ibu yang ingin mempunyai buah hati sebagai tumpuan masa depan.

Kehamilan sendiri juga merupakan tanda bahwa pasangan suami istri mempunyai tingkat kesuburan baik, serta juga menandakan jika mereka tak mempunyai masalah kesehatan berarti. Tanda-tanda kehamilan merupakan tanda akan hadirnya buah hati, dan hanya perlu menunggu waktu saja.

BACA JUGA : Bahayakah Efek Kafein Terhadap Kehamilan?

Dengan hadirnya bayi, maka keluarga pun akan semakin lengkap, dan terkadang itu juga merupakan harapan mertua. Tetapi yang seringkali menjadi kendala yakni pasangan suami istri yang baru menikah masih belum mengerti secara sempurna mengenai apa sajakah tanda awal dari kehamilan. Dan terkadang bingung sendiri untuk membedakan manakah yang merupakan tanda kehamilan dan manakah yang merupakan tanda mau menstruasi, sebab di banyak kasus sering terjadi tanda kehamilan, di mana tanda kehamilan tersebut sama persis dengan tanda mau datang menstruasi.

BACA JUGA : Resiko Diabetes Yang Menyerang Semasa Kehamilan

Dan pengetahuan yang kurang tentang hal inilah yang mengakibatkan beberapa kasus terjadinya miscarriage atau keguguran, karena kehamilan tidak dipersiapkan dengan baik. Mari baca selengkapnya.

Aktivitas yang salah
Biasanya jika tidak mengerti bahwa tanda kehamilan telah datang, akhirnya aktivitas dan pola makan yang salah bisa saja terjadi, dan persentase tingkat kesalahan menjadi sangat besar. Padahal cukup banyak aktivitas serta pola makan yang tidak boleh dilanggar ketika hamil, karena berpotensi terjadinya keguguran (seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya).

Selain itu, dengan calon ibu tak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, begitu pula dengan calon ayah, maka persiapan matang yang harus dilakukan ketika menghadapi kehamilan pun akan menjadi terabaikan dan tidak dilakukan. Di kasus lain, banyak juga anggota keluarga yang menjadi stress karena tanda-tanda yang muncul dan dianggap sebagai tanda-tanda kehamilan justru saat diperiksa di dokter kehamilan atau dilakukan tes sendiri, ternyata hasilnya tidak hamil atau negatif.

Dan akhirnya dambaan serta bayangan kehamilan yang sudah melekat pun menjadi sirna. Ini juga termasuk dampak negatif dari kurangnya pengetahuan tentang tanda-tanda kehamilan, dan bisa saja berakibat buruk bagi hubungan kedua pasangan.

Cukup banyak wanita yang menilai jika tanda kehamilan cuma dilihat berdasar satu sisi, yakni menstruasi yang datang terlambat. Itu memang merupakan tanda kehamilan juga, tetapi ternyata terlambat menstruasi itu bisa disebabkan banyak hal selain kehamilan, misalnya pola makan, pikiran (psikologi), kecapaian, serta gangguan hormonal.

Oleh karena itu, Anda perlu menambah pengetahuan tentang tanda kehamilan lainnya selain terlambat menstruasi, berikut kami hadirkan beberapa informasi terkait itu di bawah ini.

Tanda-tanda awal kehamilan pada wanita

1. Muncul flek atau bercak darah dan diikuti kram pada perut
Yang pertama yakni bercak darah (flek) dapat muncul sebelum mengalami menstruasi akan datang, dan umumnya terjadi di antara 8 hingga 10 hari sesudah ovulasi terjadi. Bercak darah atau flek ini diakibatkan oleh implantasi (menempelnya embrio di dinding rahim).

2. Sering kencing
Ciri kedua yakni Anda menjadi sering kencing. Hal ini disebabkan karena janin yang tumbuh dalam rahim akan menekan kandung kemih, dan karenanya sirkulasi darah pun meningkat. Kandung kemih juga menjadi lebih cepat dipenuhi urine, akhirnya keinginan buang air kecil pun juga ikut meningkat. Selain itu, peningkatan rasa ingin kencing juga karena adanya hormon kehamilan yang bertambah.

Sekian informasi tentang apa saja tanda awal kehamilan, semoga berkenan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top