Connect with us

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Untuk Perencanaan Kehamilan

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Untuk Perencanaan Kehamilan

Kesehatan

Zat Gizi Yang Dibutuhkan Untuk Perencanaan Kehamilan

RANCAH POST – Ketika sedang merencanakan kehamilan, terdapat beberapa penelitian yang telah menemukan metode terbaik bagi Anda, yaitu dengan cara konsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung zat gizi tertentu. Salah satu contoh makanan tersebut yakni salmon, dan memang makanan tersebut telah terbukti bisa mempengaruhi kemampuan seorang wanita untuk bisa memperoleh kehamilan yang diidam-idamkan.

Berdasarkan pendapat dari pakar nutrisi bernama Holley Grainger, MS, RD disebutkan jika asupan gizi dapat terpenuhi dengan konsumsi aneka makanan sehat, dan asupan gizi yang tepat juga akan mempengaruhi segala sesuatunya, baik dari hormon hingga tingkat energi seorang wanita. Mari baca selengkapnya.

Menjaga berat badan ideal
Selain harus memperhatikan pemenuhan zat gizi tertentu, pemilihan makanan yang tepat juga wajib dilakukan oleh ibu hamil, dengan tujuan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Tidak berlebihan maupun tidak kurang. Berat badan yang ideal terbukti juga berpengaruh ke proses kehamilan. 30% dari kesuburan (Diagnosis infertilitas) diakibatkan berat yang ekstrem, itu berdasarkan asosiasi Infertilitas nasional.

Oleh karena itu, baik kekurangan berat badan maupun kelebihan berat badan bisa mengakibatkan terjadinya masalah ke kesuburan, khususnya karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh wanita. Dalam usaha menjaga berat badan, namun tetap memenuhi asupan gizi, guna memperoleh kehamilan lebih cepat, Anda harus mengkonsumsi makanan yang memang memiliki kandungan zat gizi sebagai berikut ini.

Kalsium
Penelitian menunjukkan jika setidaknya Anda harus memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Untuk itu bisa dengan konsumsi susu, dan beberapa jenis produk keju, contohnya keju cottage. Untuk wanita yang memang mau mencoba hamil, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Harvard menyebutkan jika dengan konsumsi Yoghurt full-fat atau mengandung lemak, bisa juga dengan alternatif minum susu rutin per hari 1 gelas, bisa membantu mendapatkan kehamilan yang diinginkan.

Tetapi ingat bahwa Anda harus menyesuaikan dengan porsi serta jangan terlalu banyak, karena nanti tubuh akan menjadi kegemukan dan berat badan pun menjadi berlebih tak ideal lagi.

Protein
Selain susu, tubuh membutuhkan protein yang cukup jika ingin hamil. Protein memang termasuk komponen penting dan merupakan bagian diet sehat. Penelitian tentang ini juga pernah dilakukan oleh pihak Harvard School of Public Health yang menyebutkan jika satu porsi daging per hari bisa diganti dengan susu protein maupun kacang-kacangan, atau sayur, dan itu tetap bisa meningkatkan kesuburan pada seorang wanita.

Disebutkan jika hampir dari 19000 wanita dengan perencanaan kehamilan cuma mendapatkan sekitar 39% kesuburan saat konsumsi lebih banyak protein hewani. Jadi protein nabati lebih baik dibandingkan protein hewani untuk kesuburan seorang wanita.

Omega 3
Zat omega 3 juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pada seorang wanita. Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi ini dengan cara konsumsi ikan, contohnya salmon, lele, dan ikan nila. Karena rendah akan kandungan merkuri namun kaya asam lemak baik omega 3.

Memang omega 3 ini bisa membantu dalam proses mengatur hormon reproduksi juga meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi. Dengan memakan ikan beberapa kali dalam waktu seminggu juga membantu memperoleh EPA (Eicosapentaenoic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid), atau Anda juga dapat memenuhi kebutuhan omega 3 dengan suplemen, karena memang untuk mendapatkan ikan salmon segar di Indonesia cukup sulit.

Sekian informasi tentang zat gizi yang dibutuhkan untuk perencanaan kehamilan, semoga berkenan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top