Connect with us

Berita Rancah

Ulang Tahun ke-22, SMAN I Rancah Adakan Lomba Pupuh

Published

on

Lomba Pupuh SMAN I Rancah

RANCAH POST – SMAN I Rancah menggelar berbagai acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, salah satunya dengan menggelar lomba tembang (menyanyi) Pupuh. Sebanyak 6 peserta dari Sekolah Dasar (SD) dan 8 peserta SMP/MTs  se-Kecamatan Rancah dan sekitarnya mengikuti lomba tersebut, Sabtu (17/1/2015).

Panitia perlombaan mengatakan, setiap peserta menyanyikan dua pupuh yang bersifat wajib dan pilihan. Pupuh wajibnya adalah Sinom, sementara pupuh pilihannya bebas sesuai dengan minat para peserta.

Dikatakan Irma Maria Ulfah, S.Pd, selaku pembimbing perlombaan pupuh dari MTs N Cisontrol bersyukur karena lomba ini bisa diselenggarakan. Sebab, manfaatnya sangat luar biasa. Terutama untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan asli Sunda serta menanamkan nilai kearifan lokal, khususnya di kalangan pelajar.

“Lomba ini juga untuk mencari bakat-bakat kesenian, khususnya dalam bidang tembang pupuh,” ujarnya.

Dinar Aulia Ramdani yang meraih juara dua, dari MTsN Cisontrol dalam lomba seni pupuh ini mengatakan, “Ini adalah ajang mencari pengalaman sekaligus ajang untuk mengukur sejauh mana kemampuan dirinya dalam membawakan tembang pupuh”.

Ulang Tahun ke-22, SMAN I Rancah Adakan Lomba Pupuh
Dinar Aulia Ramdani juga mengucapkan, terimakasih kepada kedua orang tua, Kepala sekolah, guru dan teman sekolahnya.

“Terimakasih kepada orang tua untuk guru yang telah membimbing dengan baik. Terimakasih sudah membimbing dan mendukung saya,” ucapnya sambil tersenyum.

Loading...
Advertisement