Connect with us

Manfaat Kacang Merah Untuk Bayi

Manfaat Kacang Merah Untuk Bayi

Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Untuk Bayi

RANCAH POST – Terdapat beberapa macam kacang merah yang dapat Anda berikan kepada bayi, kacang merah memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan bayi. Kembali kepada jenis kacang merah yang dapat diberikan untuk bayi, misalnya kacang merah serta kacang Adzuki, dan kacang merah kecil.

Untuk kacang merah Adzuki terkadang memiliki sebutan asuki atau azuki, dan ini merupakan jenis dari kacang merah yang sangat mudah dicerna, bahkan oleh bayi sekalipun, selain itu aromanya juga disukai oleh para bayi. Mari baca selengkapnya.

Kelebihan memberikan kacang merah untuk bayi
Tentu saja terdapat alasan tersendiri mengapa baik untuk memberikan kacang merah bagi bayi Anda. Salah satu kelebihan dari kacang merah yakni kemampuan berkamuflase mengikuti rasa apapun sesudah dimasak, jadi menjadikan kacang merah sebagai bahan masakan yang fleksibel dibuat menjadi campuran bubur bayi, serta campuran untuk aneka makanan anak.

Kelebihan kedua yakni dari manfaat kacang merah itu sendiri untuk bayi, yang juga sudah memenuhi standar gizi yang baik, para ahli nutrisi juga tentu akan setuju dengan hal ini. Kacang merah memang baik untuk kesehatan orang dewasa, anak-anak kecil, dan bayi. Anda dapat menemukan manfaat kacang merah untuk bayi karena hal-hal di bawah ini.

Kandungan serat yang tinggi
Yang pertama karena kacang merah memiliki kandungan kadar serat tinggi di dalamnya, bahkan cukup secangkir kacang merah dimasak saja sudah menyediakan hingga ½ kebutuhan serat harian yang diperlukan oleh tubuh. Kacang merah dapat memenuhi kebutuhan asupan serat tubuh setiap hari. Selain itu, serat yang bisa ditemukan di dalam kacang merah ini bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk di darah, yaitu dengan membantu proses mendorong kolesterol melalui jalur pencernaan, dan itu sebelum tubuh manusia menyerapnya.

Kandungan serat pada kacang merah juga berarti kacang merah ini dicerna benar-benar lambat, indeks glisemik yang rendah, serta membuat pilihan sehat khusus penderita diabetes, atau siapapun yang hendak menstabilkan kadar gula darah mereka.

Kandungan antioksidan
Yang kedua karena kacang merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi juga di dalamnya. Kacang merah merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi apabila dibandingkan jenis makanan lainnya.

Pernah dilakukan penelitian di negara Amerika Serikat berupa survey untuk 100 jenis variasi makanan, dan hasilnya ditemukan jika kacang merah merupakan daftar makanan paling teratas dalam hal kualitas antioksidan tertinggi, bersamaan dengan Blueberry, Ceri, dan Cranberry yang dibudidayakan.

Masih bicara tentang antioksidan. Antioksidan ini dibutuhkan dalam melindungi sel-sel bayi dari kerusakan karena radikal bebas, sebenarnya tidak hanya terbatas pada bayi saja, melainkan juga manusia dewasa. Dan karena itu, pada akhirnya antioksidan dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, serta penyakit-penyakit lainnya. Anda dapat melihat bahwa obat herbal rata-rata menyebutkan jika mereka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Rendah lemak
Yang ketiga karena kacang merah ini termasuk bahan makanan yang rendah lemak. Bahkan bayi pun juga sebaiknya dibiasakan diberi makanan yang rendah lemak, karena lebih sehat untuk mereka. Tak seperti bahan makanan daging, kacang merah ini bebas kolesterol buruk dan rendah lemak secara alami. Selain itu juga merupakan sumber dari zat besi yang dapat diandalkan. 1 cangkir berisi kacang merah apabila dimasak sudah mengandung sekitar 15 gr protein dan 5 miligram zat besi, itu berarti sekitar 30% kebutuhan asupan harian nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Sekian artikel tentang manfaat kacang merah untuk bayi, semoga berkenan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
Advertisement
To Top