Connect with us

Harga Samsung Galaxy S6 vs Apple iPhone 6, Spesifikasi dan Perbandingan

Harga Samsung Galaxy S6 vs Apple iPhone 6, Spesifikasi dan Perbandingan

Info Gadget Terbaru

Harga Samsung Galaxy S6 vs Apple iPhone 6, Spesifikasi dan Perbandingan

RANCAH POST – Samsung Galaxy S6 dan Apple iPhone 6 sudah bagaikan dua jawara dari dua perguruan berbeda, yang siap saling tikam satu sama lain. Mengingat kondisi antara Samsung dan Apple yang saat ini kurang harmonis, rasanya istilah ini cukup cocok untuk ditujukan kepada dua handset tersebut. Terlebih setelah kehadiran Samsung Galaxy S6 yang mencuri cukup banyak perhatian, dengan tampil menyerupai handset iPhone 6 buatan Apple, ketika diumumkan secara resmi beberapa waktu lalu.

Bukan cuman bahan metal yang digunakan pada bodynya, desain dari handset Samsung Galaxy S6 inipun sekilas tampak jelas, meniru dan menyerupai Apple. Jika anda tidak percaya, silahkan baca ulasan kami tentang 5 bukti kuat, bahwa Samsung Galaxy S6 telah menjiplak desain Apple iPhone 6. Terlebih iPhone 6 ini juga hadir lebih awal ketimbang Samsung Galaxy S6. Sehingga tuduhan itpun makin kuat jadinya.

Namun, meskipun desainnya dikatakan telah menjiplak desain dari handset iPhone 6, tentunya spesifikasi dan kegaharan dari handset flagship kebanggaan Samsung ini, takan rela jika harus disamakan dengan handset iPhone 6 yang telah menjadi musuh alaminya.

Lalu, mana yang lebih kuat antara Samsung Galaxy S6 dan Apple iPhone 6 ini? Mari kita lihat bersama.

Spesifikasi Samsung Galaxy S6 vs Apple iPhone 6

Dari segi desain, anda tentunya bisa tentukan sendiri. Samsung Galaxy S6 hadir dengan dimensi body 143.4 x 70.5 x 6.8 mm dan bobot seberat 138 gram dengan layar Super AMOLED selebar 5,1 inci yang menyuguhkan resolusi layar sebesar 1440 x 2560 pixels dan kepadatan layar setinggi 577ppi. Layar ini juga dilindungi dengan pelindung kaca Gorilla Glass 4 dari Corning, serta dilengkapi fitur fingerprint sensor yang terintegrasi dengan aplikasi Samsung Pay yang juga akan memverifikasi pembayaran lewat PayPal.

Sementara handset Apple iPhone 6 hadir dengan desain yang lebih mungil, yakni dengan dimensi body sebesar 138.1 x 67 x 6.9 mm dengan bobot 129 gram, yang membungkus 4,7 inci layar LED-backlit IPS LCD beresolusi 750 x 1334 piksel dan menawarkan kepadatan layar yang lebih rendah dari Samsung Galaxy S6, yakni hanya sebatas 326ppi saja. Layar ini dilindungi dengan pelindung kaca Ion-strengthened glass dan oleophobic coating sekaligus. Serta mendukung fitur fingerprint sensor dengan integrasi TouchID serta juga dilengkapi dengan fitur Apple Pay.

Lebih dalam lagi, sebuah chipset Apple A8 dengan isi prosesor Dual-core 1.4 GHz Cyclone yang berbasis pada chip ARM-v8 telah tertanam pada sektor dapur pacu dari handset Apple iPhone 6 ini. Prosesor tersebut turut diperkuat dengan GPU quad-core PowerVR GX6450 dan 1GB RAM. Cukup minim memang, namun meski begitu, hardware ini bakal dipacu semaksimal mungkin, dengan paduan dan dukungan dari OS Mobile iOS 8 yang upgradable ke versi iOS 8.2, yang mana memang dirancang khusus untuk hardware tersebut. Adapun ruang simpan yang disuguhkan untuk handset iPhone 6 ini adalah ruang sebesar 16GB, 64GB dan 128GB dalam 3 varian handset berbeda.

Sementara itu, Samsung Galaxy S6 membawa chipset kembangan Samsung sendiri, Exynos 7420 yang mana berisikan 4 prosesor Quad-core Cortex-A53 1.5 GHz & 4 prosesor Quad-core Cortex-A57 2.1 GHz. Prosesor laur biasa ini akan didukung dan diperkuat dengan GPU Mali-T760 dan RAM berukuran 3GB. Nyaris sama seperti iPhone 6, handset Samsung Galaxy S6 ini juga bakal dihadirkan dalam 3 varian ukuran ruang simpan berbeda, yakni sebesar 32GB, 64GB dan 128GB. Namun bedanya, handset ini bakal membawa OS Android v.5.0 Lolipop sebagai platform utamanya, yang mana akan dipercantik dengan interface dari TouchWiz UI kembangan Samsung sendiri.

Selanjutnya, sebuah kamera utama bertenaga 8MP dengan fitur lengkap mulai dari autofokus, dual-LED Flash, Phase Detection autofocus, GEO-tagling dan fitur lainnya telah dibekalkan pada handset iPhone 6. Termasuk kemampuan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] dan [email protected] Sementara bagian depan dari handset ini akan dipersenjatai dengan kamera kecil berukuran 1,2MP yang dibekali kemampuan untuk merekam video berkualitas [email protected], lengkap dengan fitur face detection, HDR dan FaceTime lewat Wi-Fi atau jaringan seluler.

Sementara itu, Samsung Galaxy S6 hadir dengan ukuran kamera yang lebih besar. Sebut saja sensor kamera 16MP sebagai kamera utama yang dilengkapi dengan fitur optical image stabilization, autofocus, LED flash dan fitur lainnya termasuk kemampuan untuk merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected], [email protected] Sementara di bagian depan, sebuah kamera bersensor 5MP dengan kemampuan untuk merekam video berkualitas [email protected], serta dilengkapi fitur dual video call dan Auto HDR telah siap untuk memuaskan kegilaan pengguna terhadap foto selfie, atau sekedar memenuhi kebutuhan video-calling.

Konektifitas pada kedua handset ini juga patut dipertimbangkan. Dimana iPhone 6 telah siap untuk berlayar di jaringan GSM dan CDMA, baik di jalur 2G, 3G HSUPA+ dan EVDO maupun di jaringan 4G LTE. Dan Samsung Galaxy S6 hanya mampu melayani koneksi di jalur GSM saja, dengan jaringan 2G, 3G HSPA dan 4G LTE. Padahal keduanya sama-sama menggunakan fitur single nano-SIM.

Untuk konektifitas lainnya, kedua handset ini sama-sama dilengkapi dengan fitur WiFI, Bluetooth, NFC serta microUSB port.

Sebagaimana iklan Samsung Galaxy S5 sebelumnya, baterai pada handset iPhone 6 memang terbilang kecil untuk smartphone sekelasnya. Yakni hanya 1810mAh saja. Sementara Samsung Galaxy S6 siap bertahan lebih lama dengan kapasitas baterai mencapai 1550mAh.

Harga Samsung Galaxy S6 vs Apple iPhone 6

Untuk masalah harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia handset Apple iPhone 6 saat ini telah dapat dibeli mulai dari harga Rp. 9,2 jutaan untuk versi 16GB, Rp. 10,7 jutaan untuk versi 64GB dan RP. 11, 3 jutaan untuk varian 128GB.

Sementara itu, untuk saat ini handset Samsung Galaxy S6 masih belum tersedia di Indonesia. Namun menurut beberapa kabar yang beredar belakangan ini, handset Samsung Galaxy S6 ini bakal dijual dengan kisaran harga sekitar $ 699 atau sekitar Rp. 9 jutaan untuk versi 32GB, $799 atau setara Rp. 10,3 jutaan untuk versi 64GB dan $899 atau senilai Rp. 11,6 jutaan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Info Gadget Terbaru

Advertisement
Advertisement
To Top