Connect with us

5 Makanan Yang Baik Untuk Mata

Makanan Yang Baik Untuk Mata

Kesehatan

5 Makanan Yang Baik Untuk Mata

Makanan Yang Baik Untuk Mata – Dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan pastinya sangat erat kaitannya dengan jenis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Begitu pula dengan hal yang satu ini, salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata agar tetap terjaga dengan baik yaitu dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu yang tentunya kaya akan vitamin A. Vitamin A memang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk menjaga kesehatan mata agar pandangan tetap jernih dan mata bisa melihat dengan jelas atau tidak rabun.

Mungkin ada beberapa penyebab yang dapat membuat mata kita menjadi rabun salah satunya karena gaya atau pola hidup yang kurang bagus seperti membaca dengan jarak terlalu dekat, menonton televisi yang terlalu lama juga merupakan hal buruk yang harus bisa kita hindari sejak dini.  Jika kebiasaan buruk tersebut selalu kita terapkan dalam hidup kita sehari-hari maka akan mempengaruhi usia mata kita.

Tanpa dibarengi asupan makanan yang pas, mata akan menjadi rabun dan lama-kelamaan rabun tersebut semakin membesar dan Anda akan mengalami kesulitan dalam melihat. Menurut penelitian para ahli, ada beberapa jenis kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata salah satunya seperti omega3, vitamin C, vitamin A asam lemak, dan antioksidan untuk mencegah hal-hal yang berkaitan dengan degenerasi makula dan katarak.

Berikut ini kami akan sebutkan jenis-jenis makanan apa saja yang cocok untuk menjaga kesehatan mata anda.

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Wortel
Sudah banyak yang tahu bahwa wortel merupakan salah satu daftar makanan teratas kategori makanan yang dapat menyehatkan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu juga di dalam wortel terdapat kandungan serat dan kalium yang dapat menyeimbangkan cairan di dalam tubuh sehingga sistem pencernaan menjadi lancar dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan makanan yang dapat mencerdaskan otak karena kandungan omega3 yang dimilikinya. Tetapi untuk hal ini, ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata agar pandangan tetap tajam dan jika Anda mengkonsumsinya secara rutin, maka Anda akan terhindar dari resiko degenerasi makula sebanyak 40%.

Sayuran Hijau
Berbagai macam jenis sayuran seperti bayam, lobak, sawi, dan sayuran hijau lainnya yang banyak mengandung antioksidan bisa menjadi menu pokok Anda untuk menjaga kesehatan mata. Ada dua jenis antioksidan yaitu zeaxanthin dan lutein dimana keduanya disimpan di dalam makula. Makula merupakan bagian kecil yang terdapat pada retina dan berfungsi sebagai tabir surya atau melindungi mata dari sinar matahari.

Buah-buahan
Yang namanya vitamin sangat erat kaitannya dengan buah. Buah-buahan adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin baik vitamin A maupun vitamin C semua kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga kesehatan mata, Anda dapat mengkonsumsi buah seperti buah jeruk, anggur dan apel setiap hari dan Anda akan terhindar dari degenerasi makula hingga katarak.

Tomat
Tomat bisa dikatakan sebagai buah bisa pula disebut sayur karena memang buah ini berasal dari tanaman yang masuk dalam kategori sayuran. Di dalam tomat banyak terkandung vitamin A, vitamin C dan lycopene dimana nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan mata. Konsumsilah buah tomat yang masih segar dan manfaat lain pun dapat Anda rasakan salah satunya untuk menjaga kelembaban kulit muka Anda agar terlihat lebih fresh.

Beberapa jenis makanan yang telah kami sebutkan di atas hanyalah segelintir contoh saja yang bisa kami berikan. Masih banyak lagi makanan lainnya yang dapat Anda konsumsi seperti cokelat hitam, makanan ini juga bagus untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi mengkonsumsi cokelat secara berlebihan juga tidak baik untuk gigi dan kesehatan Anda. Untuk itu harus tetap diimbangi dengan jenis makanan lainnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top