Connect with us

Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Luka Bakar

Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Luka Bakar

Kesehatan

Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Luka Bakar

Cara alami dan cepat menyembuhkan luka bakar – Luka bakar bisa terjadi karena beberapa masalah seperti terkena knalpot, terkena air panas, minyak panas atau bahan kimia yang akan berbahaya dan meninggalkan bekas jika tidak secara cepat ditangani. Jika Anda mengalami hal tersebut, langkah awal Anda tidak perlu panik sampai pergi ke rumah sakit. Penanganan di rumah sakit dilakukan setelah Anda melakukan penanganan pertama di rumah.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan harga yang terjangkau tentunya menjadi pilihan semua orang ketika dihadapkan pada luka bakar. Namun kami himbau kepada Anda bahwa kami tidak menjamin kesembuhan total pada luka yang Anda derita karena memang jika Anda ingin mengatasi luka bakar tanpa meninggalkan bekas sedikitpun pastinya akan sedikit susah namun semua tergantung pada karakteristik luka yang diderita. Jika masih tergolong ringan maka kemungkinan besar akan mudah dihilangkan.

Luka bakar yang dibiarkan dapat menimbulkan iritasi dan infeksi, untuk itu kami berikan beberapa tips dan cara alami untuk menyembuhkan luka bakar yang Anda derita itu.

Cara Alami dan Cepat Menyembuhkan Luka Bakar

Lidah Buaya
Ciri khas dari lidah buaya ini jika kita menempelkannya pada kulit maka akan muncul sensasi rasa dingin pada kulit sehingga jika ada bagian tubuh Anda yang terkena luka bakar, Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai alternatif untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu Anda cukup mengoleskan daging lidah buaya pada bagian tubuh Anda yang terkena luka bakar dan setelah itu Anda biarkan hingga kering.

Madu
Madu memiliki kandungan antiseptik yang dapat menyembuhkan luka bakar karena knalpot dan terkena minyak panas. Madu akan mengurangi rasa sakit pada area luka bakar dan yang terpenting dengan menggunakan madu, bekas luka bakar tersebut akan hilang karena madu mampu menumbuhkan sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit lama yang telah mati.

Kulit Pisang
Keberadaan kulit pisang mungkin bagi Anda hanyalah sampah, tetapi jika Anda mengalami luka bakar pastinya kulit pisang ini bisa menjadi sangat bermanfaat bagi Anda. Gunakan kulit pisang bagian dalam untuk ditempelkan pada luka bakar tersebut sampai kulit pisang bagian dalam berwarna hitam. Setelah itu Anda lepaskan atau Anda bisa menggantinya dengan kulit pisang yang baru. Hal ini dilakukan agar zat yang terkandung di dalam kulit pisang itu dapat bekerja secara maksimal.

Lavender
Lavender merupakan jenis tanaman liar yang biasa tumbuh di semak belukar sehingga kita sulit untuk menjumpainya. Namun dengan tanaman ini kita dapat memperoleh beberapa manfaat seperti untuk mengusir nyamuk dan untuk mengatasi luka bakar. Nyamuk tidak suka dengan bau yang dikeluarkan oleh tanaman lavender dan olahan yang terbuat dari lavender dipercaya dapat mengobati luka bakar. Anda dapat memadukan lavender dengan lidah buaya. Campur dan aduk hingga rata baru kemudian Anda aplikasikan pada luka.

Cuka
Cuka memiliki senyawa kimia organik yang mana dapat mengatasi dan mengobati luka bakar ringan. Cara penggunaannya pun mudah, Anda dapat menggunakannya untuk mencuci luka tersebut atau dengan menggunakan kain untuk mengompresnya.

Teh
Kandungan asam tannic di dalam teh ini dapat mengurangi rasa sakit yang dihasilkan akibat luka bakar. Namun untuk penggunaan teh ini Anda tidak boleh menggunakan pada luka bakar yang terbuka. Artinya tidak boleh digunakan pada kulit yang mengelupas, jika luka tersebut adalah luka ringan maka Anda bisa menggunakan teh untuk mengurangi rasa sakit.

Demikian beberapa info penting tentang cara alami menyembuhkan luka bakar yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga bagi Anda yang tengah mengalami luka bakar, dengan cara ini luka tersebut dapat segera hilang dan sembuh seperti semula.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kesehatan

Advertisement
To Top