Cara Menyembuhkan Sembelit Secara Alami dan Cepat

Cara Menyembuhkan Sembelit
Cara Menyembuhkan Sembelit

Cara menyembuhkan sembelit secara alami dan cepat – Sembelit merupakan sebuah masalah yang terjadi pada sistem pencernaan sehingga kita seringkali mengalami susah buang air besar. Hal ini tentunya bisa menjadi masalah yang serius karena ketika kotoran yang seharusnya keluar tetapi tidak dapat keluar akan membuat perut kita menjadi buncit dan ini memang sebaiknya membutuhkan penanangan dari dokter. Namun sebelum Anda pergi ke dokter sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa sih penyebab dari sembelit ini?

Ada berbagai macam penyebab yang dinilai sebagai pemicu masalah sembelit. Kurangnya asupan makanan berserat bisa menjadi salah satu penyebab utama, untuk itu rajin-rajinlah Anda mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur, buah, kacang-kacangan dll. Penyebab lainnya yaitu bisa karena penyumbatan pada usus besar, masalah pada sistem saraf disekitar usus besar dan masalah penyakit yang mempengaruhi hormon tersebut.

Namun biasanya sembelit ini terjadi bukan karena hal serius seperti yang telah kami sebutkan di atas. Faktor makananlah yang sering memicu kita terkena sembelit dan biasanya setelah Anda terkena sembelit ini akan mengalami beberapa gejala diantaranya seperti perut kembung, sakit perut, merasa ada sesuatu yang menyumbat di bagian perut, dan merasa sakit ketika buang air besar.

Jika hal tersebut menimpa Anda, bisa dipastikan Anda terkena masalah sembelit. Sembelit dapat disembuhkan dengan mudah asalkan kita tahu caranya. Di bawah ini ada beberapa cara alami yang dinilai dapat mengatasi sembelit dengan cepat.

Cara Menyembuhkan Sembelit Secara Alami dan Cepat

Konsumsi Buah Pepaya
Pepaya merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C dan berserat tinggi. Makanan yang berserat tinggi sangat cocok untuk mengatasi sembelit. Konsumsi buah ini untuk melancarkan sistem pencernaan Anda namun konsumsilah dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan.

Roti Gandum
Ketika makanan yang biasa kita konsumsi dinilai sebagai pemicu sembelit, cobalah Anda beralih ke roti gandum. Roti gandum ini bisa menjadi alternatif Anda untuk mengatasi sembelit karena roti gandum tidak memiliki kadar lemak tinggi sehingga bisa menjadi menu sarapan Anda setiap pagi.

Air Putih
Kita tidak boleh memandang rendah air putih karena minuman yang paling sehat adalah air putih. Untuk melawan sembelit, biasakan Anda selalu minum air putih. Ganti minuman yang biasa Anda minum dengan air putih untuk membuat gerak usus menjadi lebih lembut dan mudah. Usus besar membutuhkan air untuk melancarkan tugasnya dengan baik dan mencegah kita dari dehidrasi.

Mengkudu
Buah mengkudu atau yang sering kita sebut buah pace ini mengandung alkaloid triterpenoid. Kandungan tersebut berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Buatlah ramuan dengan mengkudu yaitu mengkudu diparut kemudian tambahkan sedikit garam, aduk hingga rata kemudian peras. Nah perasan inilah yang Anda minum sebagai obat untuk mengatasi sembelit.

Temulawak
Manfaat rempah-rempah yang satu ini selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yaitu mengatasi sembelit. Cara pembuatannya Anda cukup gunakan beberapa rimpang temulawak saja kemudian haluskan bersama biji sesawi, beri sedikit air lalu peras dan air perasan itu kita minum. Agar rasanya lebih manis Anda bisa menambahkan sedikit gula jawa. Lakukan cara ini sampai masalah sembelit hilang.

Lidah Buaya
Sepertinya lidah buaya merupakan jenis tanaman yang serba guna. Buktinya, bukan hanya masalah kecantikan saja yang dapat diatasi dengan lidah buaya tetapi untuk mengobati sembelit pun Anda bisa lakukan dengan menggunakan lidah buaya ini. Lidah buaya memiliki kandungan anthraquinone yang merupakan zat pencahar. Cara penggunaan lidah buaya ini Anda cukup mengambil dagingnya saja kemudian Anda rebus hingga mendidih. Tambahkan sedikit madu agar rasa yang dihasilkan sedikit manis dan minum air rebusan lidah buaya ini minimal sehari 2x.

Semoga dengan melakukan beberapa cara diatas masalah sembelit yang menghampiri Anda dapat segera teratasi dengan mudah.

Loading...

Tinggalkan komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here