Connect with us

Harga Samsung Galaxy Tab 3 vs Galaxy Tab 4, Spesifikasi dan Perbandingan

Harga Samsung Galaxy Tab 3 vs Galaxy Tab 4, Spesifikasi dan Perbandingan

Info Gadget Terbaru

Harga Samsung Galaxy Tab 3 vs Galaxy Tab 4, Spesifikasi dan Perbandingan

RANCAH POST – Samsung Galaxy Tab 3 dan Samsung Galaxy Tab 4. Menurut anda mana yang lebih baik? Meski kedua handset ini hadir sebagai generasi berbeda, dimana Samsung Galaxy Tab 4 sebagai penerus dari Samsung Galaxy Tab 3 yang merupakan versi terdahulu, kita tidak dapat menyimpulkan begitu saja, bahwa Samsung Galaxy Tab 4 lebih baik.

Karena bagaimanapun, meski Galaxy Tab 4 hadir dengan berbagai perbaikan dari setiap kesalahan yang ada pada Galaxy Tab 3, tidak akan menutup kemungkinan bahwa di beberapa sisi, Samsung Galaxy Tab 3 masih lebih baik. Seperti pada bagian konektifitas misalnya. Dimana Samsung Galaxy Tab 4 hadir tanpa koneksi seluler. Berbeda dengan Galaxy Tab 3 yang bahkan ditanami dukungan 4G LTE oleh Samsung.

Nah, jika sudah begini, andapun akan berfikir sama bukan? Bahwa generasi terbarupun, takan selamanya menawarkan kualitas dan kemampuan yang lebih baiik. Namun untuk lebih jelasnya lagi, mari kita bandingkan saja. Mana yang lebih tangguh diantara Samsung Galaxy Tab 4 7.0 dan Samsung Galaxy Tab 3 7.0.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 3 vs Samsung Galaxy Tab 4

Untuk spesifikasi, Samsung Galaxy Tab 4 7.0 hadir dengan layar berteknologi TFT capacitive touchscreen dengan bentang layar selebar 7.0 inci dengan resolusi 800 x 1280 piksel dengan kepadatan mencapai 216ppi. Layar ini sendiri dibalut dengan dimensi body sebesar 186.9 x 107.9 x 9 mm dengan bobot 276 gram.

Sementara itu, Samsung Galaxy Tab 3 7.0 hadir denga layar berteknologi serupa, TFT dengan ukuran 7 inci dan resolusi yang sedikit lebih kecil, 800 x 1024 piksel dengan kepadatan layat mencapai 170ppi. Dan layar ini cibungkus dengan dimensi body yang lebih tebal dan lebih lebar sedikit, yakni 188 x 111.1 x 9.9 mm dengan bobot 306 gram.

Sementara di kamar pacu, sebuah chipset Marvell PXA1088 dengan prosesor Quad-core 1,2GHz siap mengebut performa dari Samsung Galaxy Tab 4 ini. Adapun prosesor tersebut didukung dengan kapasitas RAM sebesar 1,5GB dengan dua varian ruang simpan. Yakni 8GB dan 16GB dengan sistem operasi Android v4.4.2 KitKat yang dipercantik TouchWiz UX UI yang tertanam sebagai platform utama di kedua versi penyimpanan tersebut.

Galaxy Tab 3 sendiri hadir dengan versipacu yang bisa dibilang lebih rendah. Dengan chipset Marvell PXA986 berisi prosesor Quad-core Cortex-A9 1,2GHz yang dipadu dengan GPU PowerVR SGX540 dan ukuran RAM 1GB. Adapun handset ini juga hadir dengan dua versi ruang simpan yang sama. Yakni 8GB dan 16GB namun dengan OS Android 4.1.2 JellyBean yang dipercantik TouchWiz UX Ui juga.

Kamera pada kedua handset ini juga sebenarnya tidak dapat terlalu dibanggakan. Keduanya, Baik Galaxy Tab 3 maupun Galaxy Tab 4 sama-sama hadir dengan membawa kamera utama berukuran 3,15MP dengan fitur autofokus, Geo-tagging dan kemampuan rekam video hingga kualitas [email protected] Dengan dilengkapi 1,3MP kamera utama.

Di sektor konektifitas sendiri, sementara Samsung Galaxy Tab 3 hadir dengan fitur SIM GSM 2G yang dilengkapi jaringan 3G HSPA dan 4G LTE, Galaxy Tab 4 justru memasar dengan tanpa membawa fitur koneksi mobile ini. Ia hanya dibekali dengan koneksi WiFi, Bluetooth v4.0 GPS dan microUSB v2.0 yang juga terdapat pada handset Samsung Galaxy Tab 3, pendahulunya (dengan Bluetooth v3.0).

Meski terdapat berbagai peningkatan di segi performa dan spesifikasi, namun ntuk masalah kapasitas Baterai, Smasung agaknya merasa tidak perlu melakukan peningkatan. Buktinya, Samsung Galaxy Tab 4 sendiri masih menggunakan kapasita baterai sebesar 4000mAh, sama seperti yang digunakan pada Galaxy tab 3. Hanya saja, Galaxy Tab 4 menggunakan baterai berjenis Li-Po sementara Tab 3 masih menggunakan baterai Li-Ion.

Harga Samsung Galaxy Tab 3 vs Galaxy Tab 4

Untuk masalah harga, sebagaimana situs Lazada Indonesia, Samsung Galaxy Tab 3 7.0 inci ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan untuk varian memory 8GB. Sementara Samsung Galaxy Tab 4 7.0 inci dibanderol sekitar Rp. 3 jutaan.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Info Gadget Terbaru

Advertisement
Advertisement
To Top