Connect with us

Mengenal Ragam Jenis Batu Akik Unik dari Sekitar Gunung Ungaran

Mengenal batu akik kabupaten Semarang

Berita Nasional

Mengenal Ragam Jenis Batu Akik Unik dari Sekitar Gunung Ungaran

RANCAH POST – Keunikan batu akik di Kabupaten Semarang ternyata bukanlah omong kosong belaka. Kondisi wilayah Kab. Semarang yang berbukit-bukit membuat ragam batu mulia unik berada di daerah tersebut.

Sutikno selaku Ketua PPCBRS (Paguyuban Peduli cagar Budaya Ratu Sima), mengatakan, kualitas batu akik Semarang tidak jauh berbeda dari daerah lain. Sutikno katakan, “Ada satu batu yang dipamerkan di Museum Ronggowarsito, Semarang, batu tersebut berwana ungu, memliliki nama Kecubung Jawa, itu khas dari Kab. Semarang,” Kamis (16/05/2015).

Sutikno mengaku mengoleksi sejumlah batu khas Kab. Semarang jauh sebelum tren batu akik mencuat. Batu-batu tersebut ia dapat dari sejumlah tempat di Kab. Semarang. Tikno juga menerangkan batu mulia khas Semarang mempunyai pamor yang menarik.

Sutikno menerangkan ada sejumlah tempat yang memiliki batuan unik di Semarang, seperti Bukit Mergi, Kalikayen Ungaran Timur dan Kaligarang Ungaran Barat.

Sutikno jelaskan, “Misalnya di Sungai Kalikayen, pada dinding sungainya terdapat batuan yang bentuknya semacam marmer. Bukan hanya itu, ada juga badar besi dengan komposisi hitam dan putih. Badar besi bisa menempel pada magnet dan besi. Di daerah Kaligarang juga banyak.”

Pasca tren batu akik, kata Sutikno, banyak masyarakat yang berbondong-bondong memburu batu-batu mulia tersebut di sekitaran sungai-sungai di Kab. Semarang. Banyak juga warga luar daerah yang turut ke Kab. Semarang untuk mencari batu.

Sutikno tambahkan, “Batunya memang bagus-bagus, sekarang sudah menjadi buruan. Seperti batu junjung drajat, seratnya memang bagus warnanya coklat agak kekuningan dengan motif segitiga beruntun. Ini berasal dari Sungai Kalikayen.”

Sebelumnya, diberitakan, di Kab. Semarang ada seorang warga yang menemukan batu akik di sekitar Bukit Mergi. Bukit tersebut selama ini dikenal sebagi wilayah tambang galian C yang membentang dari Desa Leyangan sampai Desa Lemah Abang.

Kabar ditemukannya batu akik di Bukit Mergi tersebut dikonfirmasi oleh Bupati Semarang, yaitu Mundjirin. Bahkan menurut beliau, penemuan batu mulia tersebut tidak hanya di Bukit Mergi.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Nasional

Advertisement
Advertisement
To Top